KA Tawang Jaya Premium Dioperasikan, Layanan Rapid Tes di Stasiun Meningkat

Rabu, 28 Oktober 2020 - 13:28 WIB
loading...
KA Tawang Jaya Premium Dioperasikan, Layanan Rapid Tes di Stasiun Meningkat
KAI mengimbau pelanggan yang ingin melakukan rapid test di stasiun agar segera dilakukan karena selambatnya H-1 tanggal keberangkatan. Foto Sindonews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia ( KAI ) mengimbau pelanggan yang ingin melakukan rapid test di stasiun agar segera dilakukan karena selambatnya H-1 tanggal keberangkatan. Tujuannya untuk menghindari kepadatan antrean layanan Rapid Test dan potensi tertinggal KA.

Menjelang libur long weekend kali ini terjadi kenaikan 43 persen selama seminggu terakhir jumlah peserta rapid test di stasiun, dimana pada periode tanggal 16 hingga 21 Oktober hanya 1.047 peserta rapid test dan pada tanggal 22 hingga d 27 meningkat sebesar 1.502 peserta.

(Baca juga: Libur Panjang, Arus Lalu Lintas di Salatiga Lancar )

"Kami mengharapkan pelanggan untuk melakukan rapid test selambatnya H-1 tanggal keberangkatan. Jika dilakukan pada hari keberangkatan, pelanggan akan terburu - buru karena harus melakukan antrian terlebih dahulu. Dikhawatirkan pelanggan dapat terlambat dan tertinggal oleh KA yang sudah dipesan," kata Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, Rabu (28/10/2020).

KAI Daop 4 Semarang menyediakan layanan rapid test di stasiun Semarang Tawang dengan jam pelayanan dari pkl.07:00 - 19:00 dan di stasiun Tegal pkl.08:00 - 16:00 juga pelayanan di klinik kesehatan Kai di stasiun Poncol, Pekalongan, Ngrombo dan Cepu untuk mendapatkan Surat Keterangan Sehat bebas influensa.

(Baca juga: Polda Jateng Kerahkan 1.700 Personil Amankan Arus Mudik Libur Panjang )

"Penyediaan layanan rapid test di stasiun bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait syarat perjalanan masyarakat dengan transportasi KA jarak jauh di masa adaptasi kebiasaan baru serta memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar area stasiun,' jelasnya.

Pada libur long weekend ini, KAI Daop4 Semarang telah mengoperasikan 2 perjalanan lagi KA Jarak Jauh yakni KA Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang - Pasar Senen Jakarta pp pada tanggal 1 November mendatang, dengan jam keberangkatan pkl.20:15 dari Stasiun Tawang.

Pengoperasian KA Tawang Jaya Premium ini menambah jumlah perjalanan KA jarak jauh di Daop4 Semarang, yang sebelumnya sudah ditetapkan perjalanannya KA Menoreh dan KA Argo Muria. Sehingga total keseluruhan KA Jarak Jauh yang melintas di Daop4 Semarang menjadi 33 Perjalanan KA.

Hari ini, 28 Oktober, okupansi penumpang KA Argo Muria sudah diatas 93 persen dan okupansi KA Tawang Jaya Premium masih 9 persen dari 70 % kapasitas yang diijinkan.

"Jumlah tersebut akan terus bertambah dikarenakan penjualan tiket masih berlangsung, dan kami harapkan kepada masyarakat yang akan menggunakan KA tersebut untuk segera memesan tiket dan tetap menjaga protokol kesehatan," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)