Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Jalur ke Gunung Bawakaraeng Ketat, Wajib Terapkan Prokes

loading...
Jalur ke Gunung Bawakaraeng Ketat, Wajib Terapkan Prokes
Aparat kepolisian memeriksa pendaki di Pos Registrasi sebelum ke Puncak Gunung Bawakaraeng, Selasa (27/10). Foto: SINDONews/Herni Amir
MAKASSAR - Tingginya animo masyarakat untuk mendaki Gunung Bawakaraeng di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Membuat aparat keamanan bersama pihak terkait memperketat penjagaan ke jalur pendakian.

Bahkan, aparat gabungan TNI, Polri, pemerintah kecamatan dan relawan sudah melakukan pemeriksaan di tempat perkemahan Lebanna menjelang perayaan sumpah pemuda, sejak Senin (26/10). (Baca Juga: Jelang Hari Sumpah Pemuda, Pendaki Gunung Bawakaraeng Capai 2.505 Orang)

Kapolsek Tinggimoncong, Iptu Hasan Fadhlyh mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jumlah pengunjung membludak.Sebab pandemi virus korona atau Covid-19 masih melanda. “Kita wajibkan penerapan protokol kesehatan kepada para pengunjung. Kita belajar dari perayaan HUT Proklamasi kemerdekaan kemarin ketika pengunjuk membludak,” ungkapnya, Selasa (27/10).

Bahkan, sehari jelang perayaan hari Sumpah Pemuda, tercatat jumlah pendaki sudah mencapai 2.505 jiwa. “Jumlahnya 2.505 orang hingga pukul pukul 16.00, Selasa (27/10).Data tersebut diperoleh berdasarkan jumlah pendaki yang melakukan registrasi di Pos Register hutan Pinus Lembanna,” kata Kapolsek.

Pendaki tersebut terbagi dalam tiga titik tujuan. Antara lain Puncak Bawakaraeng sebanyak 963 orang, Ramma 1.206 orang, Pinus Lembanna 336 orang. (Baca Juga: Pendaki Gunung Lawu Tewas, Diduga Kelelahan dan Serangan Jantung)

Dia memprediksi, jumlah pengunjung diperkirakan masih akan terus bertambah hingga peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2020.“Situasi sampai saat ini aman terkendali, sementara para pengunjung masih berdatangan dan personel PAM masih standby,” katanya.



Wakapolsek Tinggimoncong Iptu Herman Catur yang terjun langsung memimpin tugas pengamanan di pintu masuk menuju ke Hutan Pinus Lembanna, Selasa (27/10).

Wakapolsek mengatakan, TNI-Polri bersama relawan akan melaksanakan tugas pengamanan selama kurang lebih 4 hari ke depan dan membagi tugas di beberapa titik yang sudah ditentukan. (Baca Juga: Sempat Tersesat, 3 Pendaki di Gunung Bawakaraeng Ditemukan Selamat)

Menurutnya, kehadiran TNI Polri bersama relawan di seputaran hutan pinus lembanna untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif saat masyarakat membuat tenda dalam menyambut hari sumpah pemuda.

“Seluruh masyarakat yang akan merayakan hari sumpah pemuda di Hutan Pinus Lembanna dan Puncak Gunung Bawakaraeng kami persilakan, namun tetap harus selalu mengikuti protokol kesehatan,” katanya.
(nic)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top