Cuti Bersama, Polda Jatim Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas hingga Bencana Alam

Selasa, 27 Oktober 2020 - 13:43 WIB
loading...
Cuti Bersama, Polda Jatim Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas hingga Bencana Alam
Ilustrasi liburan cuti bersama. Foto/Dok
A A A
SURABAYA - Polda Jatim menyiapkan sejumlah antisipasi agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas hingga menjaga sejumlah titik yang rawan bencana saat libur cuti bersama akhir pekan ini.

Hal ini mengingat sejumlah wilayah Jatim telah memasuki musim penghujan. (Baca juga: Libur Panjang, 133 Cabang Bank Mandiri Tetap Buka)

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihaknya telah menerjunkan personel dari internal polres-polres yang memang memiliki potensi terhadap bencana alam. Seperti tanah longsor, banjir dan lain-lain. (Baca juga: Polda Jatim Periksa Anggota Polisi Tembak Sipil di Hotel Situbondo )

"Kami juga bekerja sama dengan sejumlah stakeholder terkait. Misalnya dengan BPBD, pemadam kebakaran, pemerintah kota dan kabupaten, Dinas Kesehatan, hingga berkoordinasi dengan TNI," kata Trunoyudo di Mapolda Jatim, Selasa (27/10/2020).

Terkait pengamanan lalu lintas, Truno mengatakan, libur panjang ini bersamaan dengan digelarnya Operasi Zebra Semeru 2020. Operasi ini digelar mulai 26 Oktober hingga 8 November. Dalam operasi zebra, ada sejumlah sasaran yakni daerah yang rawan terjadi kepadatan arus lalu lintas.

"Operasi ini sasarannya di jalur-jalur umum, baik itu jalur provinsi, jalur tol, jalur kabupaten dan seluruh wilayah Jatim. Ada juga di terminal bus, tempat-tempat fasilitas umum kemudian juga bahu jalan, pasar tumpah misalnya selama masa libur panjang ini," kata Truno.

Dalam Operasi Zebra ini ada 3.004 personel kepolisian dari jajaran Polda Jatim yang terlibat. Para personel nantinya juga akan mengingatkan masyarakat terkait penerapan Protokol Kesehatan COVID-19. Tujuan operasi ini untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam menaati protokol kesehatan selama masa pandemi. "Kami juga ingin mendisplinkan masyarakat dalam berlal lintas," kata dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)