KNPI Babel Tenggelamkan 92 Terumbu Virus Corona ke Dasar Laut

loading...
KNPI Babel Tenggelamkan 92 Terumbu Virus Corona ke Dasar Laut
Penenggelaman karang buatan yang dibuat mirip virus Corona di Pulau Ketawai, Bangka Tengah, Foto/iNews.id/Haryanto
BANGKA TENGAH - Komite Nasional Pemuda Indonesia Bangka Belitung (KNPI Babel) menenggelamkan 92 terumbu karang buatan yang dibuat mirip COVID-19 ke dasar laut Pulau Ketawai, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, Senin (26/10/2020).

Penenggelaman terumbu karang mirip virus Corona itu menandakan semangat pemuda dalam menjaga kelestarian alam sekaligus melawan wabah COVID-19.

Ketua DPD KNPI Babel Muhamamd Irham mengatakan, sebagai provinsi kepulauan yang indentik dengan kelautan, menginisiasi untuk memberi hadiah kepada hewan laut terutama ikan, berupa rumah baru sebagai tempat tinggal. (BACA JUGA:Konflik Sengketa Lahan Dua Desa di Kerinci Pecah, Warga Bersenjata Parang dan Tombak Saling Serang)

"Karena provinsi kita indentik dengan kelautan, maka kami membuat terumbu karang yang mirip dengan bentuk virus Corona (Covid-19). Ini mengambil pilosofi agar Virus Corona segera tenggelam dan kita kembali ke era normal," kata Irham. (BACA JUGA:Ketua FPI Tasikmalaya Sebut Para Ulama Prihatin Wali Kota Ditahan KPK)



Dia mengemukakan, kegiatan tersebut merupakan rangakaian menyambut hari sumpah pemuda yang ke 92 tahun. "Kami menenggelamkan sebanyak 92 butir terumbu karang buatan seusai dengan usai hari sumpah pemuda," ujar dia. (BACA JUGA:Tim Gabungan TNI/Polri Tembak Mati 1 KKSB di Intan Jaya Papua)

Gubernur Babel Erzaldi Rosman menuturkan, hal positif yang dilakukan KNPI Babel patut diapresiasi dan dicontoh agar lingkungan tetap lestari. Dengan keindahan lautnya yang eksotik, menjadikan Provinsi Bangka Belitung salah satu tujuan wisata.





"Selamat Hari Sumpah Pemuda kepada seluruh pemuda di Indonesia. Ini membuktikan semangat pemuda yang selalu ingin alam kita ini selalu lestari," kata Gubernur Erzaldi.

Gubernur mengemukakan, calon rumah ikan yang dibuat dari cor semen berbentuk virus Corona akan menjadi karang permanen. "Karang dengan bentuk virus Corona yang ditenggelamkan ini, menandakan semangat kita bersama, khususnya pemuda untuk menenggelamkan COVID-19 selama-lamanya," ujar Gubernur.

Sementara itu, Ketua DPP KNPI Haris Pertama turut mengapresiasi KNPI Babel kompak dengan pemerintah dan Forkopimda Babel. "Semangat pemuda Indonesia tercermin di Hari Sumpah Pemuda. Kita bisa lihat semangat pemuda bersama pemerintah daerah terutama menghilangkan COVID-19 dari Indonesia. Simbolisasi yang dilakukan DPD KNPI Babel, menjadi semangat bagi pemuda Indonesia," tutur Haris.

Kegiatan yang juga turut dihadiri Kapolda Babel Irjen (Pol) Anang Syarif Hidayat itu masih akan berlanjut hingga saat puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2020 mendatang.
(awd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top