Sejak 20 Oktober, Transaksi UKM Virtual Expo Jateng Capai Rp1,68 M

loading...
Sejak 20 Oktober, Transaksi UKM Virtual Expo Jateng Capai Rp1,68 M
Gubernur Ganjar Pranowo menjadi narasumber pada acara Bincang Bisnis dgn tema Intervensi Pemprov Jateng kepada UMKM di Era Pandemic dan New Normal, Minggu (25/10/2020). Foto : IST
SEMARANG - Sejak bisa diakses pada 20 Oktober lalu, setidaknya sudah ada Rp 1,68 Miliar transaksi melalui portal www.ukmvirtualexpo.com yang diinisiasi Dinas Koperasi dan UMKM. Jumlah tersebut, belum termasuk transaksi pesanan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, Ema Rachmawati dalam laporannya sebelum launching UKM Virtual Expo yang akan digelar selama 3 hari mulai 25-27 Oktober mendatang.(Baca juga : Ridwan Kamil Masuk Jateng, Garap UMKM Bareng Milenial)

“UKM Virtual Expo ini sasarannya adalah usaha mikro kecil, kalau yang menengah sudah terbiasa dengan teknologi maka yang kecil ini butuh kita dampingi,” kata Ema di Studio Mini UVO 2020, Aula Kantor Dinkop UKM Provinsi Jateng, Semarang, Minggu (25/10/2020).

Dia menyebutkan, pada awal diumumkan UKM Virtual Expo setidaknya ada 102 pengusaha mikro kecil yang turut serta dengan total produk yang dipasarkan sebanyak 400-an produk.

Namun hingga 24 Oktober kemarin jumlah produk yang dipamerkan sudah berkembang dua kali lipat yakni sebanyak 910 produk. Bahkan, penjualannya mencapai Rp1,68 Miliar.



“Itu yang serius beli, jadi 400 produk awal itu sudah laku nilainya mencapai Rp1,68 Miliar. Itu belum yang transaksi order, dan totalnya sudah Rp1,2 Miliar,” tegasnya.(Baca juga :Inovasi di Tengah Pandemi, Masker Batik Solo Sukses Tembus Eropa)

Ema mengatakan, dari UKM Virtual Expo ini pembeli dari produk-produk yang dipamerkan bahkan sudah mencapai internasional. Mulai dari Turki, India, Singapura hingga Australia.

“Untuk mendukung ini juga kami akan me-launching kanal YouTube dengan nama Rumah Inspirasi Koperasi UKM atau Riku. Di situ nanti untuk bantu unboxing sampai bincang santai terkait dengan UKM,” tandas Ema.



Sebagai informasi, UKM Virtual Expo ini bertujuan untuk percepatan pemulihan perekonomian daerah, khususnya bagi koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah (KUKM). UKM Virtual Expo akan diselenggarakan mulai 25-27 Oktober 2020 mendatang.

Beberapa fasilitas yang didapatkan bagi KUKM yang mengikuti UKM Virtual Expo ini, di antaranya seperti para peserta tidak dipungut biaya untuk mengikuti kegiatan ini dan berkesempatan untuk produk yang ditawarkannya dilihat oleh masyarakat di seluruh dunia.

Sementara itu, bagi masyarakat yang turut bergabung dalam UKM Virtual Expo ini bisa mendapatkan free ongkir selama kegiatan berlangsung dan adanya pemberian doorprize.
(nun)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top