Jalan Mulus berkat TMMD, Harga Tanah Warga di Desa Ini Naik Drastis

loading...
Jalan Mulus berkat TMMD, Harga Tanah Warga di Desa Ini Naik Drastis
Jalan yang diperlebar dan diperbaiki lewat TMMD, harga tanah milik warga desa Sendang Kulon Kendal naik drastis. Foto/ist
KENDAL - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 Kodim 0715/Kendal di Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, telah berhasil merubah jalan desa menjadi jalan rabat beton. Jalan yang dibangun tersebut menghubungkan Dusun Kacangan Lor dengan Dusun Pening.

Guna merealisasikan perbaikan jalan tersebut, warga setempat juga rela mengorbankan sebagian tanahnya. Tercatat, belasan warga harus rela sebagian tanahnya dipakai untuk perluasan jalan.

Salah satunya adalah Slamet (55) warga Dukuh kacangan lor Desa Sendang Kulon. “Saya ikhlas memberikan tanah ini untuk dipakai perluasan jalan. Warga mendapat banyak keuntungan jika kondisi jalan sudah halus,” ungkap Slamet, Minggu (25/10/2020).

(Baca juga:Libur Panjang, 6 Objek Wisata di Jateng Ini Diawasi Ketat)



Menurutnya, selain melancarkan mobilitas warga, jalan yang diperbaiki dan diperlebar secara otomatis juga membuat harga tanah di desa setempat naik drastis. Sebelum jalan diperbaiki, harga tanah sangat murah.

Itu pun sangat jarang warga tertarik membeli tanah di desa setempat. Karena akses jalan yang rusak dan kalau musim hujan tidak bisa dilalui motor apalagi mobil. Namun, setelah jalan dibangun TNI, harga tanah di desa setempat naik selangit.

“Setelah jalan diperbaiki, harga tanah berangsur naik. Ada salah satu warga yang sudah ditawar tanahnya per meter Rp150 ribu dan ada yang Rp200 ribu tetapi belum dikasihkan,” ungkapnya.



(Baca juga:Gempa Pangandaran Getarannya Terasa Sampai Kota Tasikmalaya)

Kepala Desa Sendang Kulon, H Abdul Haris mengaku senang ketika tanah milik warganya saat ini bisa memiliki nilai jual hingga sepuluh kali lipat dari harga sebelumnya.

”Saya benar-benar gembira, ternyata berkat pembangunan jalan TMMD ini kelak akan mensejahterakan saya lantaran harga tanah milik saya akan naik selangit. Hal serupa juga bakal dialami oleh banyak warga yang mempunyai lahan di sekitar jalan TMMD,” ujarnya.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top