Libur Panjang, 6 Objek Wisata di Jateng Ini Diawasi Ketat

Minggu, 25 Oktober 2020 - 08:24 WIB
loading...
Libur Panjang, 6 Objek Wisata di Jateng Ini Diawasi Ketat
Pemprov Jateng bersama Polda Jateng dan petugas gabungan lintas sektor akan melakukan tes cepat COVID-19 di obyek wisata, salah satunya di Dusun Semilir ini. Foto/SINDONews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng mengantisipasi lonjakan wisatawan atau pengunjung yang bakal memadati tempat-tempat wisata pada libur panjang akhir pekan (28 Oktober - 1 November 2020).

Ada enam wilayah obyek wisata bakal mendapat perhatian ekstra Pemprov Jateng bersama Polda Jateng dan petugas gabungan lintas sektor. Antara lain wisata Bandungan dan Dusun Semilir di Kabupaten Semarang, wisata Belik dan Owabong di Banyumas, wisata dataran tinggi Dieng di perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara, hingga Gunung Sikunir serta Candi Arjuna.

Kepala Dishub Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat mengatakan, pihaknya bakal melakukan tes cepat COVID-19 di sejumlah objek wisata tersebut. Sesuai koordinasi antar instansi akan dilakukan rapid test secara sampling.

(Baca juga: Libur Panjang, 27 Oktober Diperkirakan Pergerakan Arus Mudik )

"Sesuai kesepakatan, nanti dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah akan melakukan rapid test. Antara lain di Dusun Semilir, Owabong, Tawangmangu dan Borobudur akan ada Mobile PCR (Polymerase Chain Reaction) akan ada di sana," ungkap Satriyo.

Menurutnya, Pemprov Jateng akan fokus pada pemantauan dan pengamanan obyek wisata. Dengan melibatkan Polda Jateng, petugas gabungan lintas sektor akan membuat posko pantau dan pos bergerak di sejumlah lokasi wisata yang diperkirakan dipadati pelancong.

“Kita ada tiga pos pantau yakni di exit Tol Brebes, gerbang Tol Kalikangkung dan Simpang Bawen-Ambarawa,” sebutnya. (Baca juga: Lanud Adisujtipto Amankan Satu Layang-Layang di Kawasan Bandara )

Diprediksi, pergerakan pelancong dari daerah asal mulai pada hari Selasa (27/10/2020). Karena, pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada hari Rabu (28/10/2020) dan Jumat (30/10/2020) sebagai hari libur. Sementara, peringatan Maulid Nabi Muhammad jatuh pada hari Kamis (29/10/2020).

Menurutnya, pos pantau tersebut didirikan untuk melihat kenaikan volume arus lalu lintas dan melakukan rekayasa lalu lintas, bilamana terjadi kenaikan jumlah kendaraan. Kenaikan jumlah kendaraan yang masuk, diperkirakan naik 10 persen hingga 40 persen, dari jumlah biasa, pada liburan Maulid Nabi Muhammad tahun 2020.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4389 seconds (0.1#10.140)