Bersihkan Drainase Penuh Sampah, Serka Eri Nekat Masuk Gorong-gorong

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 20:29 WIB
loading...
Bersihkan Drainase Penuh Sampah, Serka Eri Nekat Masuk Gorong-gorong
Serka TNI Eri Krisyana nekat masuk gorong-gorong untuk membersihkan sampah di drainase. Foto/Pendam Siliwangi
A A A
SUMEDANG - Setiap musim hujan tiba, kawasan Jalan Parakanmuncang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dan sekitarnya kerap dilanda banjir yang menyebabkan kemacetan panjang lalu lintas kendaraan. Penyebabnya, selain karena Sungai Cimande meluap seiring tingginya curah hujan, juga karena drainase tersumbat sampah.

Untuk mangatasi persoalan yang selalu terjadi setiap musim hujan tersebut, anggota Satuan Tugas (Satgas) Subsektor 15 (Sumedang) Citarum Harum bersama warga dan enam anggota lembaga swadaya masyarakat (LSM) Gober, membersihkan drainase di sepanjang Jalan Raya Parakanmuncang, Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Sabtu (24/10/2020). (BACA JUGA: Senjata Makan Tuan, Umpatan Khas Ade Londok Kini Menuai Kecaman )

Drainase atau saluran air yang dibersihkan anggota Satgas Subsektor 15 Citarum Harum tersebut bermuara ke anak Sungai Cimande. Tak hanya membersihkan permukaannya saja, Serka TNI Eri Krisyana nekat masuk gorong-gorong. (BACA JUGA: Nyaris Duduki GT Pasteur, Mahasiswa Dibubarkan Polisi dan 8 Diamankan )

Tanpa ragu dan takut, Sekra TNI Eri menyelam ke dalam air drainase yang kotor dipenuhi sampah. Tak lama kemudian, prajurit TNI ini muncul ke permukaan dengan membawa sampah. Sebagian besar sampah merupakan limbah plastik bekas kemasan makanan dan minuman. (BACA JUGA: Cegah Bencana, Kepala Daerah Diminta Samakan Persepsi Soal Izin KBU )

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) III/Siliwangi Kolonel TNI (Inf) FX Sri Welyanto mengatakan, kegiatan membersihkan drainase dari sampah ini merupakan bentuk bakti TNI kepada masyarakat.

"Serka TNI Eri, anggota Subsektor 15 Citarum Harum dan 6 anggota LSM Gober ikut melakukan pembersihan setelah melaksanakan kegiatan patroli rutin dari Desa Sukadana menuju Posko Subsektor 15 Sumedang di Dusun Taneuh Beureum Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang," kata Kapendam.

Saat dalam perjalanan, ujar Kolonel TNI (Inf) FX Sri Wellyanto, Serka Eri bersama 6 anggotaGober, melihat warga sedang melaksanakan pembersihan selokan.

Mereka langsung turun dari kendaraan dan ikut membantu membersihkan drainaes sampai selesai. "Sampah yang menyumbat di selokan anak Sungai Cimande terangkat kurang lebih 5 kwintal,” ujar Kolonel TNI (Inf) FX Sri Wellyanto.

Kapendam mengimbau, warga terutama yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai (DAS), jangan membuang sampah sembarangan. Sungai bukanlah tempat sampah.

"Menjaga kebersihan adalah kewajiban dan tanggung jawab bersama. Disiplin dimulai dari rumah masing-masing," tutur Kapendam III/Siliwangi.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)