Libur Panjang, Polda Jateng Perketat Pengamanan Jalur Objek Wisata

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 11:10 WIB
loading...
Libur Panjang, Polda Jateng Perketat Pengamanan Jalur Objek Wisata
Foto/Ilustrasi/SINDOnews/dok
A A A
SEMARANG - Polda Jawa Tengah bersama Kodam IV Diponegoro dan Pemprov Jateng mulai mempersiapkan operasi pengamanan dan protokol kesehatan (Prokes) jelang libur panjang pada 28 Oktober-1 November 2020.

Operasi difokuskan pada pemantauan dan pengamanan jalur dan objek wisata untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung dalam menikmati libur panjang akhir pekan mendatang.

Petugas gabungan lintas sektor Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro dan Pemprov Jateng akan membuat posko pantau Jalur dan pos bergerak di sejumlah Jalan Tol maupun Jalan Pantura dan lokasi wisata yang diperkirakan dipadati masyarakat.

Diprediksi, pergerakan masyarakat dari daerah asal akan mulai pada Selasa (27/10) karena pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada hari Rabu (28/10) dan Jumat (30/10) sebagai hari libur. Sementara, peringatan Maulid Nabi Muhammad jatuh pada hari Kamis (29/10/2020).

Kenaikan jumlah kendaraan yang masuk, diperkirakan naik 10 persen hingga 40 persen, dari jumlah biasa, pada liburan Maulid Nabi Muhammad 2020. (Baca juga: Kemenparekraf Luncurkan Program Gerakan BISA di Prambanan)

"Pos pantau tersebut didirikan untuk melihat kenaikan volume arus lalu lintas dan melakukan rekayasa lalu lintas, bilamana terjadi kenaikan jumlah kendaraan. Untuk kewilayahan kami berkoordinasi dengan kewilayahan (Polres), kita lakukan pos bergerak, nanti kita mobile," Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Sabtu (24/10/2020).

Ia mengatakan, saat libur panjang nanti diperkirakan akan ada arus mudik, dimana masyarakat akan keluar Semarang ataupun yang masuk ke Jawa Tengah dari Jakarta dan Surabaya. (Baca juga: HUT Humas Polri ke-69, Bidhumas Polda Jateng Bagikan 200 Paket Nasi Siap Saji)

“Libur panjang kita sudah mempersiapkan personil dalam rangka Operasi Zebra ya, diperkirakan libur panjang terjadi arus mudik ya," ujarnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)