ASN yang Mudik saat Cuti Bersama Diimbau Lakukan Rapid Test

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 09:03 WIB
loading...
ASN yang Mudik saat Cuti Bersama Diimbau Lakukan Rapid Test
Sekda Kota Salatiga Fakruroji saat meninjau Lumbung Pangan Ertiga di Telaga Mukti 2, Tingkir Tengah, Tingkir. Foto/Dok.Prokompin Setda Salatiga
A A A
SALATIGA - Sekda Kota Salatiga Fakruroji mengimbau aparatur sipil negara (ASN) yang melakukan perjalanan ke luar daerah atau mudik saat cuti bersama pada akhir Oktober 2020 melakukan rapid test.

Selain itu, Fakruroji meminta kepada ASN dan masyarakat untuk terus menghindari kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat hingga virus tersebut benar-benar musnah.

"Ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan COVID-19. Jangan sampai saat mudik terpapar COVID-19 atau ketika pulang ke Salatiga membawa virus. Sedangkan ASN yang positif COVID-19, harus isolasi mandiri dan tidak boleh melakukan perjalanan," kata Fakruroji saat dihubung SINDOnews, Jumat (23/10/2020).

Dia mengatakan, untuk mencegah penularan COVID-19, Pemkot Salatiga membuat takline cuti bersama liburan tanpa kerumunan. Takline tersebut harus diimplementasikan oleh semua ASN dan mereka harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam pencegahan penularan COVID-19. (Baca juga: Seleksi Ketat, 1.144 Peserta Bersaing Menjadi Prajurit TNI AD)

Fakruroji menuturkan, masyarakat tidak boleh lengah karena penularan COVID-19 di Salatiga telah menunjukkan tren transmisi lokal. Tidak bisa lagi ditebak jika seseorang di sekitar kita adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) atau tidak.

Karena itu, kata dia, sangat penting bagi masyarakat untuk senantiasa mengenakan masker, dan tidak keluar rumah jika tidak benar-benar penting. (Baca juga: Penanganan Klaster Penularan COVID-19 di Ponpes Jateng Jadi Perhatian Unicef)

"Perlu saya sampaikan, penularan COVID-19 sudah transmisi lokal dari orang ke orang. Kita tidak tahu orang di sekitar kita OTG atau tidak, itu yang perlu diperhatikan. Untuk itu kami mengimbau masyarakat untuk memakai masker, hindari kerumunan dan jika tidak penting lebih baik tidak keluar rumah," ujarnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)