Seorang Petani di Muara Enim Diserang Beruang Saat Menyadap Karet

Kamis, 07 Mei 2020 - 17:44 WIB
loading...
Seorang Petani di Muara Enim Diserang Beruang Saat Menyadap Karet
Seorang petani di Muara Enim diserang beruang saat menyadap karet di kebun milikinya. Foto SINDOnews
A A A
MUARA ENIM - Seorang petani bernama Abdul Wahan (60), waga Desa Lubuk Mumpo, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel) nyaris tewas diterkam beruang. Peristiwa tersebut berlangsung saat korban bersama istrinya Rita (55) sedang menyadap karet di kebun miliknya, Kamis (07/05/2020).

Diceritakan, saat korban dan istrinya tengah asik menyadap karet, tiba-tiba muncul seekor beruang dan langsung tiba-tiba menyerang korban dengan beberapa cabikan dan cakaran. Korban yang saat itu tersadar berusaha melawan dengan menggunakan alat penyadap karet yang sedang ia pegang. Korban berhasil lepas dari terkaman beruang tersebut.

Setelah beruang lari, korbanpun langsung menjerit minta tolong, dan tidak lama kemudian, datanglah istri korban dan Erwansyah yang kebetulan kebunya bertetangga dengan korban. Dan keduanya terkejut melihat kondisi korban yang terluka.

Akibat peristiwa tersebut, korban mengalami luka robek di bagian telinga sebelah kiri, dan luka gores di kepala. Salah satu warga Desa Lubuk Mumpo, Aidil (45) berharap agar hewan buas tersebut dapat diamankan, sebelum menimbulkan korban jiwa.

"Semoga hewan tersebut cepat ditangkap agar tidak membahayakan, karena sebagian warga di sini kerjanya ya berkebun. Dngan adanya kejadian ini, tentu saja kami khawatir, takut kalau sampai kejadian serupa terulang lagi. Jangan sampai ada korban lanjutan," ujarnya.

Kapolres Muara Enim, AKBP Donni Eka Syaputra melalui Kapolsek Gunung Megang AKP Herli Setiawan membenarkan adanya peristiwa tersebut. “Saat ini korban sudah dibawa ke RS HM Rabain Muara Enim dan rencananya akan dirujuk ke RSMH Palembang," katanya.

Terkait peristiwa tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan unsur Tripika untuk kemudian berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Palembang untuk mencarikan solusi terkait langkah-langkah yang akan diambil lebih lanjut.

"Segera kita akan koordinasikan dengan pihak-pihak terkait, apakah harus ditangkap dan diamankan atau bagaimana,sehingga masyarakat tidak resah dengan adanya kejadian ini, karena baru inilah ada beruang yang menyerang manusia di wilayah hukum Polsek Gunung Megang," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)