Tambah Penghasilan saat Pendemi, Kaum Ibu di Pemalang Jadi Buruh Sortir Ikan dan Sayuran

Kamis, 22 Oktober 2020 - 11:59 WIB
loading...
Tambah Penghasilan saat Pendemi, Kaum Ibu di Pemalang Jadi Buruh Sortir Ikan dan Sayuran
Tambah Penghasilan saat Pendemi, Kaum Ibu di Pemalang Jadi Buruh Sortir Ikan dan Sayuran. Foto/Ist
A A A
PEMALANG - Saat pandemi COVID-19 hampir sebagian masyarakat merasakan dampak langsung secara ekonomi. Penghasilan keluarga semakin minim karena sulitnya mencari pekerjaan atau usaha.

Salah satu yang cukup kreatif mencari celah agar tetap bisa mendapat penghasilan adalah para ibu-ibu di kawasan pesisir di Kecamatan Ulujami, Pemalang, Jawa tengah.

Puluhan ibu berupaya agar bisa mencari rejeki dengan berbagai cara. Mereka menjadi penyortir sayuran seperti cabai, kentang, bawang merah, bawang putih, juga buah–buahan.

Selain itu, para emak- emak ini dengan semangat ikut memilih ikan bandeng yang baru saja dipanen. Sayuran dan bandeng, lalu dibungkus dan disalurkan untuk badan usaha milik desa bersama atau Bumdesma.

"Alhamdulillah sangat beruntung bisa mendapat tambahan penghasilan dari bekerja menjadi penyortir dan membungkus paket sembako bantuan nontunai dari pemerintah ini. Kami juga mengerjakan berbagai pekerjaan dari Bumdesma, seperti menejmur ikan, membersihkan juga menyiapkan untuk dijual ke pembeli sekitar Pemalang maupun luar kota, " Lastri warga Blendung Ulujami, Kamis (22/10/2020)

Mereka menegaku mendapat penghasilan antara Rp75 ribu-Rp 100 ribu perhari. "Uang tambahan ini sangat membantu untuk menambah penghasilan keluarga saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini," jelasnya. (Baca juga: Warga Korban Semburan Oro-Oro Kesongo Terima Bantuan Kerbau)

Sardiyan, Direktur Badan Usaha Desa Bersama (Bumdesma) Ulujami Pemalang, menyebutkan pihaknya melibatkan kaum ibu dari daerah sekitar untuk mengerjakan apa saja. (Baca juga: Pandemi COVID-19, Keberadaan Santri Harus Mampu Menjadi Perekat Umat)

"Kami mengajak ibu-ibu di sekitar sini untuk bekerja apa saja, agar ada tambahan penghasilan. Saat ada pesanan atau permintaan kiriman, maka para ibu ini kerahkan untuk mengerjakan, mulai dari menyortir, memilah, mengemas hingga menyiapkan pengiriman," jelas Sardiyan.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)