Stok Darah Menipis saat Pandemi, Polres dan Jurnalis Kota Probolinggo Gelar Donor Darah

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:46 WIB
loading...
Stok Darah Menipis saat Pandemi, Polres dan Jurnalis Kota Probolinggo Gelar Donor Darah
Stok Darah Menipis saat Pandemi, Polres dan Jurnalis Kota Probolinggo Gelar Donor Darah. Foto/Ist
A A A
PROBOLINGGO - Stok darah di Kota Probolinggo saat pandemi COVID-19 menipis. Jajaran Polres Probolinggo Kota dan Jurnalis Probolinggo (Jispro) menggelar bakti sosial donor darah yang berlangsung di Aula Mapolres Probolinggo Kota, Rabu (21/10/2020).

Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Teguh Santoso menjelaskan, baksos kali ini melibatkan semua personel Polres dan jurnalis.

"Kita libatkan semua dan hanya puluhan saja yang bisa mendonorkan darahnya karena ada beberapa persyaratan yang terpaksa mereka tidak bisa ikut donor darah, seperti tekanan darah sedang drop, flu, dan lainnya," tutur Teguh.

Teguh menambahkan, Stok golongan darah O dan B Palang Merah Indonesia (PMI), Kota Probolinggo menipis. PMI Kota Probolinggo berharap lebih banyak masyarakat yang sadar mendonorkan darahnya.

Masa pandemi ini, jumlah pendonor darah menurun karena beberapa masyarakat takut di tes atau dilakukan swab ketika hendak mendonorkan darahnya di PMI. (Baca juga: Asah Naluri Tempur, Prajurit Kima Brigif 2 Marinir Latih Kemampuan Menembak)

"Tidak usah takut, prokes tetap dilakukan dan tidak harus Swab. Bahkan bila rutin, sehabis donor justru kita bertambah sehat," katanya.

Suwito, petugas pelayanan PMI kota Probolinggo menegaskan, pandemi ini membuat ketersediaan stok darah menipis dan PMI bersyukur adanya kegiatan seperti ini dan semoga diikuti yang lain. (Baca juga: Kenalkan Visi Misi, Tim Eri Cahyadi Masif Blusukan ke Kampung-kampung)

"kami merasa bangga dengan apa yang dilakukan oleh Polres probolinggo kota dan rekan media. Semoga semua apa yang dilakukan bermanfaat," tuturnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0865 seconds (0.1#10.140)