Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Warga Manado Diminta Waspada

loading...
Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Warga Manado Diminta Waspada
Hujan yang terjadi Minggu (18/18/2020) sekitar pukul 15.36 Wita menyababkan pohon tumbang di Kelurahan Tingkulu, lingkungan 4 jalan Tololiu Supit, Kota Manado. Foto istimewa
MANADO - Hujan deras disertai angin kencang masih terjadi di beberapa wilayah di Sulawesi Utara (Sulut). Bahkan hujan yang terjadi Minggu (18/18/2020) sekitar pukul 15.36 Wita menyababkan pohon tumbang di Kelurahan Tingkulu, lingkungan 4 jalan Tololiu Supit, Kota Manado. (Baca: BMKG Bilang Waspada Hujan Hingga Sore di Beberapa Wilayah Sulut)

Pohon tumbang tersebut menutupi badan jalan dan menyebabkan jalan tidak dapat dilalui. Meski tak ada korban jiwa, pohon tumbang berhasil dibersihkan anggota kepolisian Wanea yang dipimpin Padal Iptu E. Mengko bersama 2 anggota berkolaborasi dengan TNI, DLH, Badan Penanggulangan Bencana Kota Manado dan warga sekitar. "Pada pukul 16.07 wita pohon tumbang berhasil dibersihkan dan arus lalin telah lancar kembali,"kata Mengko.

Diketahui hujan lebat yang disertai angin kencang juga melanda Kota Manado dan sekitarnya Sabtu (17/10) malam. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca buruk berupa hujan lebat disertai angin kencang yang akan melanda wilayah Sulawesi Utara khususnya Kota Manado.

Terkait fenomena alam tersebut, Wali Kota Vicky Lumentut mengimbau kepada seluruh warga Kota Manado untuk meningkatkan kewaspadaan. Volume (hujan) masih akan besar. Seluruh masyarakat untuk waspada.(Baca: Hujan dan Angin Kencang di Manado, Pohon Besar Tumbang)



Kalau masyarakat membutuhkan bantuan bisa langsung melapor kepada pemerintah setempat dan menjadi perhatian para camat, lurah dan kepala lingkungan serta perangkat daerah terkait untuk memantau dan melaporkan keadaan terkini di wilayah masing-masing.

"Bagi masyarakat yang tinggal di bantaran kali ataupun di perbukitan yang rawan banjir dan longsor agar tetap waspada. Apabila keadaan memburuk dapat segera mengungsi ketempat aman atau lokasi yang disediakan oleh Pemerintah,"tegasnya.

Dia juga mengingatkan kepada warga yang beraktifitas di luar rumah dalam berkendara roda dua dan empat atau pun pejalan kaki untuk menghindari daerah rawan bencana dan potensi pohon tumbang.



(don)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top