Kirab Budaya Tandai Pedagang Masuk Pasar Klewer Timur

loading...
Kirab Budaya Tandai Pedagang Masuk Pasar Klewer Timur
Kirab budaya pedagang Pasar Klewer sisi timur sebagai seremonial masuk pasar, Jumat (16/10/2020). Foto/Ist
SOLO - Sekitar 70 pedagang Pasar Klewer Timur, Kota Solo mengikuti kirab budaya sebagai seremonial masuk pasar, Jumat (16/10/2020). Mereka mewakili ratusan pedagangyang akan menempati bangunan baru.

Kirab berangkat dari Alun Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo. Rombongan menuju gedung baru Pasar Klewer Timur dengan mengelilingi alun alun. Kirab ini merupakan yang kedua kalinya digelar terkait pembangunan Pasar Klewer timur. (Baca juga: Pasar Klewer Panggung Perempuan Lincah Berbisnis)
Kirab Budaya Tandai Pedagang Masuk Pasar Klewer Timur

"Sejak groundbreaking sampai pindah ada dua acara seremonial. Seremonial pertama saat groundbreaking, serenomial kedua memberangkatkan kirab pedagang masuk ke pasar yang baru," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi. (Baca juga: Terdampak Aksi Demo di Jakarta, Harga Udang Vaname Anjlok)

Bagian atas Pasar Klewer timur dapat dipergunakan untuk acara Pemkot Solo. Seperti batik fashion, pemilihan putra putri Solo hingga kegiatan budaya lainnya.

Ketua Paguyuban Pasar Klewer Timur, Karso mengaku bersyukur kepada Tuhan dan berdoa tempat yang baru ini menambah semarak pedagang yang masuk. Kunci sudah diterima para pedagang sejak beberapa hari lalu.



Namun pedagang mulai masuk bertahap selama dua hari ke depan untuk menghindari kerumunan. Selain itu, banyak pedagang yang hendak memasukkan barang dagangannya. Sehingga perlu diatur agar tidak saling bertubrukan.

Pasar Klewer dibangun pertengahan Desember 2019 lalu. Pembangunan berlangsung sekitar 10 bulan dengan pagu anggaran Rp54 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
(shf)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top