Disdik Solo Gelar Simulasi KBM Tatap Muka Saat Pandemi

Selasa, 13 Oktober 2020 - 14:59 WIB
loading...
Disdik Solo Gelar Simulasi KBM Tatap Muka Saat Pandemi
Dinas Pendidikan Solo menggelar simulasi kegiatan belajar mengajar tatap muka. Foto/iNewsTV/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Simulasi kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di tengah pandemi COVID-19 digelar di SMP Negeri 4 Solo , Selasa (13/10/2020).

Simulasi melibatkan murid, orangtua, dan guru sekolah setempat. Simulasi dipantau langsung Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Solo Etty Retnowati. (Baca juga: Sekolah Belajar Tatap Muka Diminta Diaktifkan Kembali )

Kegiatan diawali dengan briefing sekaligus pembagian peran untuk simulasi kepada sejumlah murid, orang tua yang dipandu oleh guru. “Jangan sampai dengan dimulainya kegiatan belajar di sekolah justru akan menjadi klaster baru. Sehingga diharapkan semuanya dapat mematuhi protokol kesehatan,” kata Etty Retnowati. (Baca juga: Simulasi Tatap Muka di Jateng Sukses, Jumlah Siswa dan Sekolah Bakal Ditambah )

Dalam simulasi, para peserta memperagakan adegan seolah-olah KBM tatap muka sedang berlangsung di sekolah. Adegan yang diperagakan meliputi protokol para wali murid menurunkan anaknya di lingkungan sekolah, mencuci tangan, memasuki bilik disinfektan, dan memasuki ruang kelas.

Selain itu juga digelar simulasi antisipasi hal buruk yang kemungkinan dapat terjadi, misalnya mendapati murid yang suhunya di atas suhu normal.

Melalui simulasi, diharapkan dapat menunjang kelancaran KBM secara tatap muka di sekolah yang akan dilaksanakan bulan November mendatang di tengah situasi pandemi.

Dalam tahap awal, KBM tatap muka akan dilaksanakan di SMP Negeri 4 Solo, dan salah satu SMP swasta. Jika berhasil dan tidak ada persoalan, sekolah tatap muka akan dilanjutkan ke 23 sekolah lainnya.

Pelaksanaan KBM tatap muka hanya dilaksanakan dua jam. “Anak anak sudah setengah tahun lebih tidak sekolah, bagaimana perlu menyegarkan kembali ingatan mereka. Mulai bangun pagi, mandi, pakai seragam, sarapan. Ini sulit sekarang, ini akan dimulai,” kata dia. Sehingga mereka perlu pemanasan kembali sebelum KBM tatap muka dimulai.

KBM tatap muka menggunakan pola sebagian murid masuk satu minggu dan sebagian di rumah. Siswa yang masuk kelas 9 terlebih dahulu. Jika lancar maka berlanjut ke kelas 8 dan kelas 7. Kemudian giliran SD kelas 6, 5 dan 4. Setelah itu kelas 3, 2, 1 dan kemudian PAUD.

Sebelum pelaksanaan KBM tatap muka, para guru dan karyawan terlebih dahulu akan menjalani rapid test.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)