Demo Tolak UU Ciptaker, Ganjar Klaim Sudah Telepon Menteri Terkait Tuntutan Buruh

Senin, 12 Oktober 2020 - 19:37 WIB
loading...
Demo Tolak UU Ciptaker, Ganjar Klaim Sudah Telepon Menteri Terkait Tuntutan Buruh
Gubernur Ganjar Pranowo saat menemui buruh yang berunjuk rasa menolak UU Cipta Kerja, Senin (12/10/2020). Foto/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan siap mendampingi para buruh menyampaikan aspirasi kepada pemerintah pusat terkait Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker).

Bahkan tak perlu diperintah, dia sudah menelpon para menteri terkait tuntutan para buruh itu. Hal itu disampaikan Ganjar saat turun menemui ratusan buruh yang menggelar unjuk rasa di depan gedung DPRD Jateng, Senin (12/10/2020).

Naik ke atas mobil komando, Ganjar meminta buruh tertib dalam menyampaikan aspirasi dan tidak mengabaikan protokol kesehatan.

"Saya tahu perasaan panjenengan, maka saat terjadi keramaian ini, nggak usahlah saya disuruh-suruh. Saya langsung telepon menteri dan menyampaikan aspirasi panjenengan semuanya," ucap Ganjar.

Kepada sejumlah menteri itu, Ganjar menyampaikan bahwa Undang-undang Cipta Kerja ditolak oleh buruh. Namun sayang, sampai sekarang semuanya belum paham, apa isi dari Undang-undang itu.

"Buruh yang menolak kebingungan, kami juga tidak tahu. Maka saya mendorong pemerintah pusat segera memberikan draft salinan Undang-undang itu. Teman-teman jangan khawatir, Jakarta sudah mendengar suara dari Jawa Tengah," ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi unjuk rasa yang digelar para buruh hari ini. Menurutnya, aksi ini bisa menjadi contoh, bagaimana cara menyampaikan aspirasi kepada pemerintah dengan baik dan benar.

"Mereka izin baik-baik dan menyampaikan suara dengan cara yang baik pula. Mudah-mudahan ini bisa jadi contoh. Jangan khawatir, kami berkomunikasi terus dengan pemerintah pusat untuk menyampaikan pendapat buruh," tegasnya. (Baca juga: Sleman Gelar Pameran Produk UMKM Virtual 3D dengan Aplikasi Kendi Sembada)

Sementara itu, Ketua KSPN Jateng, Nanang Setyono mengapresiasi para petinggi di Jawa Tengah yang terjun menemui buruh saat demonstran.

Apalagi, Gubernur Ganjar Pranowo juga telah mengeluarkan pernyataan akan memberikan pendampingan dan mendukung perjuangan buruh. (Baca juga: Melanggar Ketentuan, APK Bergambar Paslon di Pilwalkot Solo Ditertibkan)

"Kami apresiasi pak Ganjar berani menemui buruh dan mengeluarkan pernyataan dukungan. Kami harap dukungan itu tidak hanya diucapkan, tapi direalisasikan dalam tindakan nyata," tukas Nanang.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3963 seconds (0.1#10.140)