Jokowi Sebut Jatim Percontohan Pengendalian COVID-19, Ini Kata Khofifah

Senin, 12 Oktober 2020 - 19:02 WIB
loading...
Jokowi Sebut Jatim Percontohan Pengendalian COVID-19, Ini Kata Khofifah
Presiden Joko Widodo saat kunjungan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, beberapa waktu lalu.Foto/Setpres/Agus Suprapto
A A A
SURABAYA - Presiden RI Joko Widodo menyatakan, Jawa Timur (Jatim) menjadi percontohan penanganan dan pengendalian COVID-19 secara nasional. Kabar baik tersebut menjadi kado HUT ke-75 Provinsi Jawa Timur yang diperingati setiap 12 oktober.

Dari hasil pengamatannya, Jokowi menyebut ada dua provinsi yang dinilai berhasil mengendalikan pandemi COVID-19 yakni Jawa Timur (Jatim) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Saya mencatat dari angka-angka yang ada, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulawesi Selatan menunjukan perbaikan dalam pengendalian pandemi Covid,” ujar Joko Widodo

(Baca juga: Jatim dan Sulsel Dinilai Mulai Bisa Kendalikan Covid-19 )

Presiden juga menilai kedua provinsi ini dapat menjadi contoh bagi provinsi lainnya. “Saya kira ini bisa dijadikan contoh provinsi-provinsi yang lain,” ujarnya.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Presiden RI, beserta tim dari jajaran Polda Jatim, Kodam V Brawijaya, Para Tenaga Kesehatan, Relawan terutama masyarakat dan relawan Jawa Timur yang telah berjuang keras dalam mengendalikan penyebaran COVID-19 ini.

“Alhamdulillah tepat di Hari Jadi ke tujuh puluh lima Provinsi Jawa Timur, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Jawa Timur berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19 dan layak dijadikan percontohan secara Nasional, ini hadiah terindah bagi Kami di Jawa Timur sekaligus tantangan untuk bekerja lebih keras lagi,” Kata Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Senin (12/10/2020).

(Baca juga: Belum Sebulan, Polda Jatim Jaring 1,6 Juta Pelanggar Prokes )

Setelah sebelumnya, Gubernur Khofifah menerima Penghargaan sebagai Pembina Keselamatan dan Kehatan Kerja (K3) dari Kemenaker dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga meraih Kinerja Tertinggi Pemerintahan Daerah atas Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2019 dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dari Kementerian Dalam Negeri.

Meskipun pengendalian COVID-19 di Jawa Timur menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan, Gubernur perempuan pertama di Jatim ini terus meminta agar semua pihak tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan (prokes), tetap menjaga jarak, tetap memakai masker yang baik dan benar, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3288 seconds (0.1#10.140)