Fenomena Mata Air Tawar di Bibir Pantai Probolinggo

Senin, 12 Oktober 2020 - 07:05 WIB
loading...
Fenomena  Mata Air Tawar di Bibir Pantai Probolinggo
Seorang warga saat meminum mata air yang terasa tawar namun menyegarkan badan. Foto/SINDOnews/Hana Purwadi
A A A
PROBOLINGGO - Pada umumnya kita mengenal air di bibir pantai rasanya asin karena mengandung garam. Namun di Probolinggo ada fenomena unik yaitu airnya terasa tawar dan banyak warga setempat air ini dimanfaatkan untuk diminum untuk melepas dahaga.

Fenomena alam unik dan langka ini tepatnya di bibir Pantai Laut Utara atau tepatnya di Blok Neman, Desa Sumberrejo, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (Baca juga: Positif COVID-19, Kadis Pertahankan Kota Probolinggo Meninggal Dunia )

Seorang warga desa setempat, Zainal Abidin Abdilah, mengatakan, fenomena air tawar di pantai ini sudah ada sejak dirinya masih kecil. (Baca juga: Cemaskan Dunia, Bintang Berukuran 700 Kali Lebih Besar dari Matahari Meredup )

Waktu dirinya bersama teman temanya jalan jalan ke Blok Neman dan haus mereka langsung menuju sumber air minum tersebut. "Habis minum air tersebut terasa segar dan badan kembali bugar," kata Zainal, Senin (12/10/2020).

Zainal menceritakan, sekitar dua pekan kemarin dirinya iseng main kesana dan mata air tersebut masih ada. Bahkan rasanya dan kualitas airnya masih tetap seperti dahulu.

"Saya iseng main ke sana ternyata mata air tersebut masih ada, rasanya tetap segar dan jernih, mata air tersebut tidak besar kok, kecil dan letaknya di bibir pantai," kata dia.

Zainal juga menuturkan banyak juga burung liar yang mendekati mata air untuk minum. "Banyak biasanya burung yang habitatnya di pinggir pantai seperti bangau," kata dia.

Sejauh ini, belum ada lembaga khusus yang meneliti keberadaan mata air dan unsur apa saja yang terkandung dalam air tersebut. "Namun yang pasti airnya segar dan badan menjadi bugar lagi," pungkas dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)