La Nina Terdeteksi di Pasifik, Pemerintah Diminta Antisipasi Musim Hujan

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 11:16 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya itu, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu pun menyatakan, Pemprov Jabar sudah menyiapkan cetak biru Jabar Provinsi Berbudaya Tangguh Bencana (Jabar Resilience Culture Province) yang ditanamkan kepada seluruh warga Jabar melalui pendidikan sekolah sejak dini hingga pelatiha

"Ini adalah upaya agar ketangguhan bencana menjadi budaya, sehingga tidak melulu jadi urusan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Jadi, ini seperti di Jepang kami ikuti dan akan masukkurikulum sekolah-sekolah, kemudian menghadirkan kerelawanan bencana di tingkat RT/RW," papar Kang Emil.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepala daerah menyiapkan fasilitas bagi warga terdampak bencana yang disesuaikan dengan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. (Baca: Bandung Raya Kembali Diramalkan Dibasahi Hujan Ringan Siang Jelang Sore Ini)

"Saya titip saja kepada Pak Ridwan (Gubernur Jabar) dan gubernur lainnya supaya kalau sampai ada apa-apa atau kebencanaan, tempat pengungsian tolong dipersiapkan tidak seperti biasa karena harus ada jaga jarak. Mungkin pengungsian per family (keluarga) akan lebih bagus, sehingga penularan itu relatif akan lebih tekendali," kata Luhut.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)