HUT ke-75 Jawa Timur, Khofifah Ajak Milenial Teladani Perjuangan Pahlawan

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 00:03 WIB
loading...
HUT ke-75 Jawa Timur, Khofifah Ajak Milenial Teladani Perjuangan Pahlawan
Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat ziarah makam gubernur pertama Jatim RMT Ario Soerjo di Magetan.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Wagub Emil Elestianto Dardak ziarah ke makam Gubernur pertama Jatim, Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, di Magetan, Jumat (9/10/2020).

Ziarah ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-75 Prov Jatim. RMT Ario Soerjo adalah Gubernur pertama yang mengawali atau babat alas di Jatim dan merupakan pahlawan nasional.

Generasi milenial diharapkan meneladani perjuangan dan pengorbanan para pahlawan nasional seperti RMT Ario Soerjo. "Para pejuang dan pahlawan sudah mengorbankan hidup dan nyawanya untuk negeri ini. Oleh sebab itu wajib kita teladani jasa beliau tentu sesuai tantangan zaman yang kita hadapi saat ini," ujar Khofifah.

(Baca juga: Kiainya Disebut Antek PKI, Ribuan Warga NU Kepung Polres Pamekasan )

Khofifah juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk menghormati seluruh jejak perjuangan pengorbanan kepahlawanan dari yang mereka tanamkan untuk Jawa Timur. Selain Magetan, ziarah juga dilakukan ke makam Gubernur Muhammad Noer di Sampang oleh Bakorwil Pamekasan.

"Jadi kami semua ingin memberikan penghormatan yang terbaik serta mendoakan kepada seluruh di antara mereka yang sudah berjuang untuk negeri ini, terutama untuk Jawa Timur. Gubernur Soerjo memberikan dedikasi yang luar biasa maka warga wajib memberikan penghormatan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghormati jasa para pahlawannya," ungkapnya.

(Baca juga: Polda Jatim Tetapkan 14 Tersangka Aksi Rusuh di Surabaya dan Malang )

Gubernur mengatakan, dengan memberikan penghormatan dan meneladani perjuangan dan pengorbanan mereka, bisa diambil referensi dan dedikasi serta perjuangan untuk membangun Jawa Timur yang saat ini berjuang melawan pandemi COVID-19.

Ziarah ke makam Gubernur pertama Jatim berlangsung cukup khidmat. Selain Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, tampak dalam rombongan Adalah Bupati Kab. Magetan Suprawoto, Pj. Walikota Blitar Djumadi, Pj. Bupati Blitar Budi Santoso, Pj. Bupati Mojokerto Himawan Estubagyo, dan Kepala BPSDM Jatim Aris Agung Paewai.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jatim juga berkesempatan menyerahkan bantuan dan tali asih kepada keluarga Gubernur Jatim pertama RMT Ario Soerjo. Bantuan juga diberikan kepada anak yatim di lingkungan Magetan
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)