Didanai CSR, 11.000 Rumah MBR di Jabar Terima Pemasangan Listrik Gratis

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 13:41 WIB
loading...
Didanai CSR, 11.000 Rumah MBR di Jabar Terima Pemasangan Listrik Gratis
Ilustrasi/SINDOnews/dok
A A A
INDRAMAYU - Sejumlah perusahaan di Jawa Barat berpartisipasi dalam program Jabar Caang yang bertujuan untuk menciptakan pemerataan akses listrik di seluruh wilayah Jabar.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jabar, Bambang Rianto mengakui bahwa akses listrik di Jabar belum merata. Menurutnya, puluhan ribu rumah warga kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) belum terakses layanan listrik.

"Ini ironi. Padahal, infrastruktur di Jabar relatif memadai, namun masih saja ada warga yang belum bisa menikmati akses listrik," ungkap Bambang saat menyaksikan penandatanganan kerja sama antara mitra CSR dan instalatir listrik dalam program Jabar Caang di Pendopo Kabupaten Indramayu, Kamis (8/10/2020).

Selain Bambang, penandatanganan kerja sama tersebut juga disaksikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indramayu, Bambang Tirtoyuliono; Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar (MUJ), Begin Troys; dan Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar Offshore North West Java (MUJ ONWJ), Ryan Alfian Noor, termasuk perwakilan dari PT PLN .

Oleh karenanya, lanjut Bambang, Pemprov Jabar mencanangkan pemerataan akses listrik bagi MBR melalui program "Jabar Caang" sejak 2018. Hingga 2019, kata Bambang, 21.335 rumah MBR sudah menerima pemasangan listrik gratis.

"Pemasangan ini full dibiayai lewat dana CSR, tidak menggunakan dana pemerintah," tegasnya.

Bambang menambahkan, tahun 2020 ini, sebanyak 35 perusahaan berpartisipasi dalam program Jabar Caang lewat dana CSR-nya. Hingga Desember 2020 mendatang, pihaknya menargetkan 11.782 rumah MBR menikmati layanan pemasangan listrik gratis.

"Untuk Indramayu, tahap ini ada 139 instalasi gratis untuk MBR. Kami apreasiasi perusahaan yang berkomitmen pada program Jabar Caang ini," katanya.

Dirut PT MUJ ONWJ, Ryan Alfian Noor mengatakan, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sekaligus mitra CSR, pihaknya selalu berkoordinasi dalam program Jabar Caang dan terlibat aktif dalam program tersebut.

Menurutnya, setiap proses pemasangan listrik gratis ini, BUMD daerah yang bersangkutan selalu dilibatkan, seperti BUMD Bumi Wiralodra Indramayu (BWI) sebagai pemilik saham PT MUJ ONWJ dalam pemasangan listrik gratis di Indramayu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3241 seconds (0.1#10.140)