Kecewa dengan Sikap DPP, Ketua PAN Kota Bandung Pilih Hengkang

Kamis, 08 Oktober 2020 - 08:51 WIB
loading...
Kecewa dengan Sikap DPP, Ketua PAN Kota Bandung Pilih Hengkang
Ulum Syarif Usman menunjukkan surat pengunduran diri sebagai Ketua DPD PAN Kota Bandung sekaligus keluar dari PAN. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional ( PAN ) Kota Bandung, Ulum Syarif Usman hengkang dari partainya karena kecewa dengan sikap Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN . (Baca juga: Bangun PCTC, Mondelez International Investasi Rp190,5 M di Jatim )

Ulum menjelaskan, keputusannya untuk mundur dari jabatan sebagai Ketua DPD PAN Kota Bandung, sekaligus keluar dari PAN gara-gara tidak sejalan dengan keputusan DPP PAN melalui Fraksi PAN di DPR RI yang telah mendukung pengesahan Undang-undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja.

"Terhitung sejak hari ini, saya mundur dari PAN karena tidak sejalan dengan keputusan DPP PAN yang mendukung UU Cipta Kerja," tegas Ulum saat ditemui di kawasan Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (7/10/2020) malam.

Menurut pendiri PAN Jawa Barat itu, atas sikap DPP PAN tersebut, dirinya merasa dibenturkan dengan konstituennya. Pasalnya, sebagai pengurus DPD PAN , pihaknya berhubungan langsung dengan konstituen yang juga menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja.

(Baca juga: Selewengkan Ratusan Juta Dana Desa, Kades di Cirebon Dipenjara )

"Mereka yang di Jakarta tidak bersentuhan langsung (dengan konstituen), ini sangat dirasakan. Berat menghadapi keluhan dari konstituen, bahkan anak saya sendiri protes soal UU Cipta Kerja. Karenanya, saya ambil langkah tegas hengkang dari PAN ," bebernya.

Ulum pun menyesalkan keputusan DPP PAN yang dinilainya kontradiksi dengan platform PAN yang selama ini berupaya memperjuangkan sistem ekonomi berdasarkan UUD 1945, kemanusiaan, dan keberpihakan terhadap kaum marjinal.

"Kita sejak awal sudah memberikan masukan bahwa UU ini bermasalah, tapi ujung-ujungnya DPP PAN tetap ikut mendukung UU Cipta Kerja," sesalnya. (Baca juga: Jual Gadis Belia untuk Pemuas Seks, 3 Pemuda Dibekuk Polisi )

Uum menambahkan, selain dirinya, ada sejumlah pengurus DPD PAN Kota Bandung yang juga memilih hengkang dari PAN karena kecewa dengan sikap dam keputusan DPP PAN . "Ada beberapa yang sudah melepaskan jaket ( PAN ), baru tadi jam 17.00 WIB respons dari mereka, semua kecewa, semuanya nangis," ungkapnya.

Saat disinggung apakah dirinya akan bergabung dengan partai baru besutan Amien Rais, Ulum mengakui, selama ini, silaturahminya dengan Amien Rais terjalin baik. Bahkan, sikap politiknya selama di PAN juga terinspirasi oleh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu. "Yang pasti saya sekarang sudah off dari PAN , itu saja dulu," tandasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)