Panen Padi Bersama Petani Minahasa Olly: Pertanian Penopang Daya Tahan Ekonomi Sulut

Senin, 05 Oktober 2020 - 21:07 WIB
loading...
Panen Padi Bersama Petani Minahasa Olly: Pertanian Penopang Daya Tahan Ekonomi Sulut
Olly Dondokambey saat Panen Padi MT. II 2020 bersama petani di Desa Touliang, Kecamatan Kakas Barat, Minahasa, Sulawesi Utara, Senin (5/10/2020). Foto Ist
A A A
MINAHASA - Penguatan pada sektor pertanian menjadi program strategis yang terus dibangun pasangan calon Gubernur Sulut, Olly Dondokambey -Steven Kandouw. "Sebagai daerah agraris kepulauan, masyarakat kita banyak menjadi petani dengan lahan garapan yang subur. Maka harus kita dukung agar terus berkembang. Kalau petani maju, toh manfaatnya untuk semua masyarakat Sulawesi Utara ," ujar Olly Dondokambey saat Panen Padi MT. II 2020 bersama petani di Desa Touliang, Kecamatan Kakas Barat, Minahasa, Sulawesi Utara, Senin (5/10/2020).

Olly yang hadir dalam kapasitasnya sebagai Ketua Persatuan Gereja-gereja Seluruh Indonesia (PGI) menjelaskan, Sulut memiliki potensi pertanian yang sangat besar, utamanya pada sektor tanaman padi. Jika ini dikembangkan secara konsisten, jelas Olly, maka Bumi Nyiur Melambai akan terus menjadi daerah swasembada beras. (Baca: Usai Bacok Babinsa dan Kanit Provost, Pria di Luwu Timur Ditembak Mati)

Bahkan kedepannya, Olly sebagai Calon Gubernur (Incumbent) Sulawesi Utara sangat optimis, beras dan hasil pertanian Sulawesi Utara bisa menopang daerah lain di Pulau Sulawesi bahkan secara nasional.

Terlebih saat ini sudah ditunjang dengan infrastruktur memadai, maka kata Olly, distribusi barang pertanian akan semakin mudah dan dengan pasar yang semakin luas pula. (Bisa diklik: Pegawai Terkonfirmasi Positif COVID-19, RSUD Cideres Hentikan Pelayanan Sementara)

"Makanya saya sangat senang sekali, karena produktivitas dan kualitas hasil pertanian Sulawesi Utara sangat unggul. Ini modal kita untuk menghadapi persaingan global yang mengharuskan adanya kekuatan pada sektor pangan," jelasnya dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews.

Ia juga menyebut rumusan penelitian dari badan pangan dunia FAO (Food Agriculture Organization), bahwa suatu negara dengan penduduk lebih dari 100 juta akan sukar maju dan berdaulat kalau kebutuhan pangannya bergantung pada impor.

FAO juga mensinyalir masa pandemi ini membuat negara-negara dunia rentan krisis pangan.

Karena itu, Olly menegaskan bahwa dukungan pada sektor pertanian akan terus ditingkatkan. Termasuk program Asuransi Pertanian yang sudah berhasil dijalankan Olly - Steven dalam kepemimpinannya sebagai Gubernur Sulut.

Olly menjelaskan, asuransi pertanian ini adalah upaya melindungi aset petani dan peternak di Sulut. Asuransi pertama sudah diberikan untuk usaha tani di 10 kabupaten dan kota dan usaha ternak pada empat kabupaten dan kota di Sulut.

"Asuransi Pertanian akan kita terus tingkatkan dan akan kita perluas lagi. Maka saya bersyukur sekali, kita bisa tetap solid karena Petani Hebat untuk Sulut Tambah Hebat," tandas Olly Dondokambey.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3357 seconds (0.1#10.140)