Puluhan Sopir Bus AKAP Digembleng Displin Berlalu Lintas

Rabu, 30 September 2020 - 21:03 WIB
loading...
Puluhan Sopir Bus AKAP Digembleng Displin Berlalu Lintas
Pembukaan Program Aksi Peningkatan Kualitas Mental Dan Disiplin Pengemudi Angkutan AKAP di Hotel Eastprac Hotel, Rabu (30/9/2020). Foto/SINDOnews/Ainun Najib
A A A
YOGYAKARTA - Sebanyak 54 pengemui bus antar kota antar provinsi (AKAP) selama empat hari mendapat gemblengan displin berlalu lintas.

Kegiatan yang digelar Direktorat Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan ini digelar selama empat hari mulai Selasa (19/9/2020) hingga Jumat (2/10/2020) di Yogyakarta.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto dalam sambutan yang disampaikan secara daring menyebut transportasi darat memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat yakni penyelenggaraan kegiatan angkutan penumpang, barang dan jasa lainnya.

Di samping manfaat tersebut, terdapat juga dampak negatif yang tidak diinginkan yaitu kecelakaan yang mengakibatkan kerugian yang sangat besar.

Berdasarkan data kepolisian Tahun 2019, jumlah laka lantas sebanyak 116.411 kejadian, mengalami kenaikan sebesar 7% dari tahun sebelumnya.

“Korban meninggal dunia di Provinsi Jawa Tengah mendapat peringkat kedua di tahun 2019 sejumlah 24.937 kejadian dengan korban meningal dunia 3.986 Jiwa,” terangnya Rabu (30/9/2020).

Menurut Pandu, perkembangan jumlah kendaraan umum yang terus meningkat perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan para pengemudi angkutan mengingat faktor kesalahan manusia (human error) masih menjadi faktor terbesar yang berkontribusi terhadap terjadinya suatu kejadian kecelakaan.

“Diharapkan ketika peningkatan-peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) itu bisa tercapai, maka keselamatan, kenyamanan, dan keamanan para penumpang akan lebih terjamin,” terangnya.

Sementara itu, Kasubdit Promosi dan Kemitraan Direktorat Transportasi Jalan Muryati Nini Utami menyebut Program Aksi Peningkatan Kualitas Mental dan Disiplin Pengemudi Angkutan AKAP merupakan salah satu upaya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk meningkatkan keselamatan dan pelayanan angkutan umum.

“Tujuan meningkatkan kualitas mental dan disiplin serta profesionalisme pengemudi sehingga tercapai peningkatan aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dan perilaku,” terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)