Hari Rabies Sedunia, Pusvetma Vaksinasi Rabies Drive Thru

Selasa, 29 September 2020 - 09:36 WIB
loading...
Hari Rabies Sedunia, Pusvetma Vaksinasi Rabies Drive Thru
Hari Rabies Sedunia, Pusvetma Surabaya Vaksinasi Rabies Drive Thru. Foto/iNewsTV/Hari Tambayong
A A A
SURABAYA - Untuk pertama kalinya di Indonesia, Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) Surabaya menggelar vaksinasi rabies secara drive thru.

Pemberian vaksin drive thru ini dilakukan sebagai upaya penerapan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19. (Baca juga: 79 Ekor Hewan Liar Terjaring Razia Petugas )

Selain itu, juga untuk mengantisipasi virus rabies dari hewan berdarah panas, seperti kucing, anjing, dan kera. (Baca juga: Dapat Bisikan Gaib Pemuda Ini Kerap Begal Payudara )

Untuk menerapkan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19, Pusvetma Surabaya menggelar vaksinasi rabies secara drive thru. Pemberian vaksin neo–rabivet pada hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing ini dilaksanakan untuk memperingati hari rabies sedunia yang diperingati setiap tanggal 28 September.

Vaksinasi rabies yang digelar gratis ini dsambut antusias dari masyarakat pecinta hewan. Vaksin rabies secara drive thru ini pertama kali di Indonesia, masa pandemi COVID-19. Selama pelaksanaan vaksinasi rabies, para pecinta hewan harus mengenakan masker, mendapat pemeriksaan suhu dengan thermo gun dan cuci tangan.

"Hewan yang divaksin, diperiksa kesehatannya. Mulai dari suhu tubuh, kesehatan mata, kulit dan diberi suntikan vaksin neo-rabivet," kata seorang pemilik hewan, Eri.

Sementara itu, Kapusvetma Jatim mengatakan, vaksinasi rabies yang digelar Pusvetma adalah untuk mengantisipasi virus rabies pada hewan. Apalagi jika menggigit manusia akan tertular. Kegiatan ini juga untuk memperingati hari anti rabies sedunia. Beberapa daerah masih belum terbebas dari penyakit anjing gila (rabies) di antaranya Jawa barat dan Bali.

"Dalam pelaksanaan vaksinasi rabies ini, Pusvetma Jatim menggunakan vaksin neo-rabivet. Yaitu vaksin yang diproduksi sendiri oleh Pusvetma. Pemberian vaksinasi secara drive thru tersebut diikuti lebih dari 100 orang pemilik hewan yang sebelumnya mendaftar secara online," kata Kepala Pusat Veteriner Fatma drh Agung Suganda.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6228 seconds (0.1#10.140)