HD: Kartu Tani, Permudah Petani Bertransaksi Bidang Pertanian

Senin, 28 September 2020 - 15:25 WIB
loading...
HD: Kartu Tani, Permudah Petani Bertransaksi Bidang Pertanian
Petani di Sumsel saat ini semakin dimudahkan dalam upaya meningkatkan hasil produktivitas pertaniannya melalui Kartu Tani yang diterbitkan Kementerian Pertanian (Kementan) RI bekerjasama dengan BNI.
A A A
OKU TIMUR - Petani di Sumsel saat ini semakin dimudahkan dalam upaya meningkatkan hasil produktivitas pertaniannya melalui Kartu Tani yang diterbitkan Kementerian Pertanian (Kementan) RI bekerjasama dengan BNI.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru didampingi Anggota DPR RI Hj Percha Leanpuri B.Bus, MBA disela-sela panen padi di Desa Ringin Sari Belitang III menyebutkan petani Sumsel akan banyak diuntungkan dengan adanya kartu tani ini. Meski ditengah lahan sawah namun transaksi perbankan tetap bisa dilakukan.

"Ini namanya kartu tani yang diterbitkan Kementan RI bekerjasam dengan BNI dan Pemprov. Sumsel. Meski tengah sawah petani tetap bisa transaksi" tegas HD di Desa Ringin Sari Kec. Belitang III Kabupaten OKU Timur, Minggu (27/9/2020).

Dia menyebut Kartu Tani merupakan sarana akses layanan perbankan yang terintegrasi (simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman), juga berfungsi sebagai kartu subsidi/wallet. Kartu Tani diperlukan petani untuk membantu produksi pertaniannya pada komoditas Padi, Jagung.

"Saya minta Kartu Tani yang dibagikan kepada masing masing petani dapat dipastikan kevalidan dan keamanannya," harap Deru.

Ditambahkannya Kartu Tani juga berfungsi sebagai identitas diri petani, sarana menabung, serta salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna pembiayaan pertanian.

Pertanian merupakan marwahnya Sumsel bukan sekedar menunjang pangan tapi ini menjadi hajat hidup orang banyak dan profesi orang banyak.

Selain itu juga, HD memberikan bantuan Alsintan seperti power thresser dan corn sheller mobile dan benih padi. Dirinya mengaku bangga karena disini ada wilayah ekstensifikasi cetak sawah mandiri.

Dengan begitu HD kembali mengajak Pemkab ataupun petani untuk tetap konsentrasi dibidang pertanian meski di Kabupaten OKU Timur terdapat potensi lain. Turut hadir Para Kepala OPD dan TGUPP Pemprov Sumsel.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3328 seconds (0.1#10.140)