Pelaku UMKM Harus Pintar Mengelola Keuangan Saat Pandemi COVID-19

Sabtu, 26 September 2020 - 13:16 WIB
loading...
Pelaku UMKM Harus Pintar Mengelola Keuangan Saat Pandemi COVID-19
Pelaku UMKM dituntut agar bisa menjaga cash flow keuangan dimasa pandemi COVID-19 supaya mampu bertahan dimasa sulit, serta harus kreatif dalam memasarkan produknya. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro ( UMKM ) mendapatkan edukasi dalam mengelola keuangan di tengah pandemi COVID-19. Hal tersebut dilakukan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam menghadapi kesulitan ekonomi akibat pandemi.

(Baca juga: 2 Pemuda Kuras Premium di SPBU dengan Tangki Mobil Modifikasi )

Direktur WOM Finance, Zacharia Susantadiredja mengatakan, keluhan yang kerap muncul di masa pandemi COVID-19 adalah sulitnya mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan. "Pandemi berimbas terhadap kondisi keuangan pribadi, keluarga, maupun instansi perusahaan. Termasuk dirasakan pula oleh kalangan pelaku UMKM ," ucapnya, Sabtu (26/9/2020).

Sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia, pihaknya berupaya memberikan edukasi mengenai pengelolaan keuangan dan juga kewirausahaan yang ditujukan bagi para pelaku UMKM .

"Kami menggelar literasi keuangan bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan mengangkat tema 'Strategi Mengelola Keuangan disaat Pandemi'," sebutnya. (Baca juga: Hujan Tangis di Pemakaman Polwan yang Tewas Saat Menolong Adiknya )

Selain meningkatkan kemampuan komunitas dalam mengelola keuangan, lanjut Zacharia, kegiatan tersebut juga sekaligus membentuk komunitas berdaya sebagai pusat kelompok masyarakat. Tujuannya agar mereka lebih siap dalam menerima adaptasi perubahan di era kenormalan baru (new normal).

Melalui literasi keuangan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelaku UMKM tentang lembaga jasa keuangan yang ada di Indonesia. Selain di Bandung kegiatan literasi keuangan daring ini juga digelar di 6 kota lain, yaitu Jakarta, Lampung, Magelang, Palu, Bukittinggi dan Boyolali.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk melakukan pembayaran melalui kanal online baik melalui transfer bank atau juga lewat minimarket dan tetap menjaga social distancing. (Baca juga: Respons Kang Emil Saat Keluarga Inggit Garnasih Ungkit Janjinya )

Bagi konsumen yang ingin mengetahui informasi terkini tentang WOM Finance dapat mengakses website www.wom.co.id. "Misi kami yakni menciptakan nilai bersama demi kesinambungan perusahaan dan kesejahteraan di masyarakat," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)