Novita Hardini Ajak Perempuan Trenggalek Aktif Berorganisasi

Rabu, 23 September 2020 - 13:20 WIB
loading...
Novita Hardini Ajak Perempuan Trenggalek Aktif Berorganisasi
Novita Hardini saat menghadiri lomba mars PKK Desa Nglebo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek, Selasa (22/9/2020). Foto/Ist.
A A A
TRENGGALEK - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek , Novita Hardini rajin menyapa dan berkunjung ke desa-desa. Istri Bupati Trenggalek , Moch Nur Arifin tersebut, mengajak para perempuan Trenggalek , untuk aktif dalam berorganisasi sehingga bisa berkontribusi dan berperan aktif menjadi subjek pembangunan.

(Baca juga: Ini Gejala Awal 2 Warga Blitar yang Tewas Usai Pesta Miras )

"Yang dilakukan Tim Penggerak PKK adalah kita bisa bergerak. PKK sekarang bukan hanya pendamping suami, bukan hanya sebagai objek pembangunan, tapi perempuan adalah subjek pelaku pembangunan sendiri," kata Novita Hardini saat menghadiri Lomba Mars PKK antar dusun dan dasawisma di Desa Nglebo Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek , Selasa (22/9/2020).

Menurut dia, paradigma lama yang menganggap pembangunan selama ini hanya diisi oleh kaum laki-laki kini telah berubah. Hal ini juga selaras dengan fungsi dan peran PKK untuk memberdayakan peran perempuan dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. "Semakin kita bergerak dan berperan, maka semakin cepat laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Trenggalek bisa kita raih," imbuh ibu tiga anak ini.

Novita menjelaskan, peran PKK yang menaungi sampai ke tingkat dasa wisma membuktikan bahwa gerakan PKK juga menjadi penyambung roda pemerintahan. Sehingga PKK diharapkan mampu mempercepat laju visi misi yang telah dirumuskan oleh pemerintah. Mengingat organisasi ini wadah kaumperempuan, Novita Hardini menjelaskan ada 3 fungsi dasar dalam diri seorang perempuan.

"Fungsi tersebut di antaranya perempuan sebagai diri sendiri, perempuan sebagai keluarga inti atau ibu rumah tangga, dan yang terakhir peran perempuan yang terlibat dalam unsur struktural sosial," katanya di depan peserta lomba mars PKK . (Baca juga: Gubernur Ganjar Kembali Datangi Warung, Apa Ngamuk Lagi? )

Sebagai diri sendiri, kata Novita, perempuan harus bisa merencanakan kehidupan di masa dewasa nanti dengan baik. Lantas Perempuan sebagai keluarga inti harus menularkan keterampilan agar lebih tangguh dalam menjalankan roda kehidupan. Sedangkan perempuan yang bergerak dalam unsur struktural sosial adalah semua perempuan yang aktif dalam berorganisasi.

"Tiga fungsi ini menjadi bukti nyata bahwa perempuan membawa misi untuk membangun kehidupan lebih baik, sehingga dengan keberadaan PKK diharapkan kesejahteraan di wilayah masing-masing bisa terwujud," katanya.

(Baca juga: Raih WTP 7 Kali Berturut-turut, Ini Kata Gus Irsyad )

Sementara kepada seluruh peserta lomba yang hadir, Novita mengingatkan untuk terus menanamkan makna mars PKK dengan lagunya memperjuangkan kesejahteraan keluarga dalam setiap sanubari. "Dengan tidak kita sadari, itu bisa menjadi modal kita melangkah bahwa kita hidup ini hanya untuk memberi, memberi, dan memberi manfaat bagi orang lain," tegasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)