Begini Pesan Cucu Pendiri Muhammadiyah di Hadapan Ibu-ibu PKK

loading...
Begini Pesan Cucu Pendiri Muhammadiyah di Hadapan Ibu-ibu PKK
Sosialisasi Empat Pilar di Sleman oleh anggota MPR RI Afnan Hadikusumo. Foto : Istimewa
SLEMAN - Anggota MPR RI, Afnan Hadikusumo mengingatkan pentingnya pendidikan dalam keluarga. Menurutnya peran ibu dalam pendidikan sangat vital.

“Peran ibu sangat penting dalam proses pendidikan keluarga dan lingkungannya,” terang Afnan dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Selasa (22/9/2020).(Baca juga : Pilkada 2020, MPR Ingatkan Jangan Sebarkan Kebencian dan Pecah Belah)

Secara khusus cucu pendiri Muhammadiyah ini juga menitipkan Empat Pilar MPR RI kepada ibu-ibu PKK untuk disosialisasikan kepada keluarga dan lingkungannya. Harapanya agar nilai-nilai di dalam Empat Pilar MPR RI ini akan dapat dilaksanakan dalam kehidupan pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sementara itu Dr Ane Permatasari, MA, Ketua Tim Penggerak PKK Kapanewon Berbah Kabupaten Slemanjuga mengingatkan hal yang sama. “Mohammad Hatta pernah mengatakan, Jika kamu mendidik satu laki-laki maka kamu mendidik satu orang. Namun jika kamu mendidik satu perempuan, maka kamu mendidik satu generasi.”



Menurut Ane Permatasari kata-kata itu sangat tepat karena ibu adalah madrasah pertama dan utama bagi anak-anaknya. “Oleh karena itu untuk mencetak generasi yang unggul, dibutuhkan ibu-ibu yang cerdas. Demikian juga, ketika ingin mewariskan suatu nilai pada sebuah generasi, maka ibu adalah agen sosialisasi yang sangat tepat untuk melakukannya,” tambahnya.

Ane juga menyampaikan bahwa Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika perlu disosialisasikan kepada generasi muda, dan PKK dengan gerakannya yang masif dan menjangkau sampai ke tingkat rumah tangga.

“Di mana anggotanya mayoritas adalah kaum ibu, merupakan lembaga yang sangat tepat untuk ikut berperan mengedukasi para anggotanya tersebut dan pada gilirannya nanti para ibu itulah yang akan mengedukasi anak-anak dan keluarga mereka tentang Empat Pilar MPR RI,” tambahnya.(Baca juga : 2.373 Rumah Warga di Sleman Dinilai Tidak Layak Huni)



Sosialisasi Empat Pilar ini sendiri ini dilaksanakan di Pendopo Kapanewon Berbah Sleman DIY, Senin (21/9/2020) dengan dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari anggota PKK perwakilan desa-desa se Kapanewon Berbah, perangkat desa se Kapanewon Berbah, tokoh masyarakat dan lembaga-lembaga mitra PKK dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.
(nun)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top