Bangkitkan Wisata, Program Bali I Miss U Diluncurkan

Jum'at, 18 September 2020 - 17:51 WIB
loading...
Bangkitkan Wisata, Program Bali I Miss U Diluncurkan
Dalam rangka membangkitkan pariwisata di Bali, Program Bali I Miss U Diluncurkan. Foto/Ist
A A A
BALI - Menurunnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali karena pandemi COVID-19 berdampak pada pertumbuhan ekonomi Bali. Hal ini juga mempengaruhi perekonomian nasional karena pariwisata Bali menyumbang sekitar 40% devisa negara.

Dipercayanya Bali sebagai salah satu destinasi wisata paling siap dalam penerapan protokol kesehatan disambut baik oleh Pemerintah Provinsi Bali dan masyarakat Bali. Bali sangat antusias untuk menyambut kedatangan kembali wisatawan yang sempat tertunda beberapa saat. Bali siap menyambut wisatawan dengan menerapkan Protokol Kesehatan berkonsep Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE) atau Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Ramah Lingkungan sesuai arahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Baca juga: Bali Berencana Buka Keran Masuknya Wisman, Satgas Ingatkan Ini )

“Ekonomi dan Kesehatan harus berjalan beriringan sesuai dengan Penerapan CHSE pada sektor pariwisata di New Normal ini,” kata Ketua Pertiwi Indonesia Antarina SF Amir dalam Webinar dan Press Conference Program BALI I MISS U, Jumat (18/9/2020). (Baca juga: Serba Tak Pasti, Sri Mulyani Kesulitan Bikin Kebijakan Ekonomi )

Sehingga Budaya Patuh terhadap basic protokol kesehatan 3 M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak harus dipatuhi oleh semua pihak.

“Budaya patuh ini akan sangat membantu meminimalisir penularan COVID-19. Di sektor pariwisata ini akan membantu mewujudkan pariwisata yang sehat. Sehingga perekonomian akan kembali bergulir seiring dengan tetap terjaganya kesehatan wisatawan, para pelaku wisata dan masyarakat,” kata Antarina SF Amir.

Dia menjelaskan, dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk kembali membangkitkan pariwisata Bali dan meningkatkan kesadaran wisatawan untuk patuh menerapkan protokol kesehatan dalam berwisata, Perempuan Indonesia Maju (PIM), Pertiwi Indonesia, dan Prakarsa Nusantara menginisiasi sebuah kampanye pariwisata bernama BALI I MISS U.

Sementara itu, Ketua PIM dan salah satu penggagas dari Bali I Miss U, Lana T Koentjoro, mengatakan, “BALI I MISS U” adalah kalimat paling pas untuk menggambarkan suasana batin wisatawan dan masyarakat Bali yang sudah sangat rindu untuk saling bertemu kembali.

“Karena itu kami percaya bahwa masyarakat Bali saat ini siap menghadapi budaya kepatuhan tersebut sehingga para wisatawan dapat melakukan perjalanan wisata dengan aman, menyenangkan dan sehat. Hal ini sesuai dengan salah satu tagline dari BALI I MISS U yaitu Berangkat Sehat Pulang Sehat,” kata Lana.

Untuk mematuhi penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sebagian kota di Indonesia, BALI I MISS U saat ini juga lebih banyak melakukan kegiatan secara online antara lain dengan memaksimalkan fungsi internet dan media sosial untuk mengkomunikasikan Gerakan Kepatuhan Protokol Kesehatan dalam Berwisata.

Beberapa kegiatan online BALI I MISS U antara lain, Live Instagram berupa acara bincang-bincang dengan Public Figure, Influencer, atau Selebgram seputar Bali dan hal-hal yang dirindukan dari bali, acara ini disiarkan langsung melalui akun instagram @baliimissu.

Kemudian Video Gerakan Kepatuhan Protokol Kesehatan Masa Berwisata. Yaitu pembuatan dan penyebaran video gerakan kepatuhan yang menginformasikan penerapan protokol kesehatan yang dilakukan oleh unsur-unsur pariwisata. Mulai dari Transportasi, Akomodasi, dan wisata belanja. Juga protokol kesehatan yang harus dipatuhi dan diterapkan oleh setiap pribadi wisatawan.

“Lalu Virtual Talk Show. BALI I MISS U akan menghadirkan narasumber dari Pemerintah, Pakar, Pelaku Usaha, Akademisi, untuk membahas penerapan protokol kesehatan di sektor pariwisata,” kata Lana.

Ketua Harian Pertiwi Indonesia Shinta Omar mengatakan, selain kegiatan online seperti Live Instagram, Video dan Virtual Talk Show, BALI I MISS U juga melaksanakan kegiatan offline untuk mendukung gerakan kepatuhan protokol Kesehatan. Yakni, dengan membagikan masker BALI I MISS U secara gratis di lokasi-lokasi yang telah ditentukan”.

Sedangkan, Pembina CEO Indonesia Moeldoko dan Ketua CEO Indonesia Trisya Suherman bersama rombongan, Jumat (18/9/2020) siang telah tiba di Bali. Mereka menyatakan sangat mendukung upaya membangkitkan kembali pariwisata Bali dengan Program BALI I MISS U.

“Kami berangkat dari Cengkareng, di pesawat, tiba di airport Bali, check in di hotel dan berkunjung ke tempat-tempat wisata dengan mematuhi semua protokol kesehatan tanpa henti dan bosan. Sehingga menjadi suatu perjalanan yaitu menyenangkan, aman dan sehat sesuai dengan tagline Berangkat Sehat Pulang Sehat,” kata Trisya Suherman.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)