Disdik Makassar Akan Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Pulau

Kamis, 17 September 2020 - 17:51 WIB
loading...
Disdik Makassar Akan Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Pulau
Disdik Makassar berencana melakukan uji coba sekolah tatap muka di wilayah kepulauan di Kota Makassar. Foto: SINDOnews/Ilustrasi/Muctamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Sistem pembelajaran tatap muka di sekolah akan diterapkan di Kota Makassar. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar mulai memetakan wilayah zona hijau.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Irwan Bangsawan mengatakan, rencana uji coba sistem pembelajaran sekolah tatap muka akan dilakukan di pulau.



Meski begitu, rencana ini baru akan dilaporkan ke Pj Wali Kota Makassar , Rudy Djamaluddin. Jika disetujui, barulah uji coba ini diterapkan. Apalagi, ketersediaan jaringan internet di pulau sangat tidak menunjang untuk sistem pembelajaran daring.

"Di pulau kan zona hijau, jadi saya akan sarankan ke pak wali untuk uji coba sekolah tatap muka di sana," kata Irwan, Kamis (17/9/2020).

Dia menyebut, ada tiga pulau yang sudah dilakukan survei awal, yakni Pulau Bone Tambung, Pulau Barrang Caddi, dan Pulau Kodingareng. Menurut dia, semuanya memungkinkan untuk dilakukan sekolah tatap muka.

"Kita baru mau mencari wilayah zona hijau untuk kita coba lakukan pembelajaran sekolah tatap muka. Saya sudah ke pulau, dan itu masuk daerah hijau. Jadi mungkin kita lakukan itu di pulau dulu," ujarnya.



Jika uji coba ini berjalan, maka skema pembelajaran dilakukan dengan sistem sift dengan mengikuti protokol kesehatan . Misalnya, jika dalam satu rombongan belajar ada 30 siswa, makan akan dibagi menjadi tiga kelas. Masing-masing kelas terdiri dari 10 siswa.

"Mereka juga belajar tidak seperti jam-jam normal, jadi mungkin hanya dua jam sampai tiga jam saja," ucapnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)