Wabah Corona Tak Surutkan Langkah Pergunu Jabar Terbitkan Jurnal Pendidikan

Rabu, 15 April 2020 - 10:50 WIB
loading...
Wabah Corona Tak Surutkan Langkah Pergunu Jabar Terbitkan Jurnal Pendidikan
Ketua Pengurus Wilayah (PW) Pergunu Jabar, Saepuloh. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Wabah virus Corona atau COVID-19 tak menyurutkan semangat dan kreativitas para guru, dosen, yang tergabung dalam Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Barat.

Di tengah segala keterbatasan akibat wabah COVID-19, Pergunu Jabar mantap melangkah dengan menerbitkan jurnal pendidikan yang merupakan media publikasi untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan, dan penerapannya di bidang pendidikan.

"Jurnal Pergunu merupakan terbitan berkala nasional yang diterbitkan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan Pergunu Jabar," ujar Ketua Pengurus Wilayah (PW) Pergunu Jabar, Saepuloh, Rabu (15/4/2020).

Menurut dia, Jurnal Pergunu ini sedianya terbit setahun dua kali. Volume I terbit pada Juli dan volume II Desember setiap tahunnya, proses pengumpulan tulisan volume I dilaksanakan bulan April-Mei dan volume II September-Oktober dan terbit pada Desember setiap tahunnya.

"Namun, karena keterbatasan tim redaksi dan juga antusiasme anggota dalam pengiriman naskah ke tim redaksi, volume II tahun 2019 tidak bisa hadir dan kini lahir edisi kedua untuk volume I tahun 2020," terang Saepuloh.

Saepuloh mengakui, memang butuh komitmen yang kuat agar jurnal ini selalu bisa hadir, terlebih pada kondisi saat ini semua aktivitas dibatasi akibat wabah COVID-19. Namun, dengan komitmen yang kuat, guru dan dosen Pergunu Jabar bisa terus berkarya dan mengirimkan naskah artikelnya kepada tim redaksi.

"Kami pun sebagai tim redaksi terus berbenah diri dengan mengaktifkan http://e-jurnal.guru-aswaja.com/index.php/pergunu, sehingga naskah teman-teman tidak menunggu waktu lama untuk dipublish dan lebih mudah dipublish melalui e-jurnal," katanya.

Lebih lanjut Saepuloh mengatakan, untuk edisi kali ini, artikel yang disajikan berjumlah tujuh artikel, di antaranya ditulis oleh dosen dan guru anggota Pergunu dari berbagai instansi pendidikan.

Diawali karya hasil Fardan Abdul Basith yang sedang menempuh studi pascasarjana di UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung dengan tulisan berjudul "Efektifitas Penerapan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab" (Study Analisis Perbandingan Kurikulum Bahasa Arab di SMA Terpadu Al-Ittihad Cianjur dan SMA Al-Azhary Cianjur).

Disambung dengan tulisan tentang pembelajaran Bahasa Inggris yang ditulis oleh Muhammad Hasan Basari dengan judul "Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas X- IPA-3 pada Pembelajaran Membaca Teks ‘Recount’ Bahasa Inggris dengan Model Student teams- Achievement Divisions (STAD).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)