Keren, 2020 UMKM di Bogor Kini Terhubung dengan Pembayaran Digital

Selasa, 15 September 2020 - 15:58 WIB
loading...
Keren, 2020 UMKM di Bogor Kini Terhubung dengan Pembayaran Digital
Sebanyak 2020 pelaku UMKM di Bogor telah terhubung dengan pembiayaan digital.Foto/ist
A A A
BOGOR - Sebanyak 2020 usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ) di Kota Bogor mulai menggunakan pembayaran digital melalui penggunaan QRIS. Digitalisasi usaha kecil ini diharapkan membantu mempercepat pemulihan ekonomi.

Launching penggunaan QRIS di Kota Bogor dilakukan Bank Indonesia, Bank Mandiri, Pemkot Bogor, serta pelaku usaha di IPB International Convention Center Bogor, Selasa (15/9/2020).

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto mengatakan, launching ini menandai masuknya era digitalisasi pelaku usaha kecil. Nantinya, konsumen cukup menggunakan handphone dalam melakukan pembayaran.

"Ini juga sejalan dengan upaya untuk memastikan kegiatan perdagangan dan industri kreatif sebagai kegiatan ekonomi utama di Kota Bogor, dapat tetap berjalan di masa pandemi COVID-19. Terutama pada kondisi adaptasi kebiasaan baru ini, pembayaran dapat dilakukan tanpa bersentuhan," jelas dia.

(Baca juga: MUI Desak Polisi Usut Aktor Intelektual Penusukan Syekh Ali Jaber )

Berdasarkan data September 2020, telah terdapat lebih dari 964.000 merchant di Jawa Barat yang sudah menggunakan QRIS. Nilai tersebut mencakup 21,26% nasional, atau menduduki posisi pertama secara nasional. Dari 964.000 merchant tersebut, 96% dilakukan oleh UMKM.

Di Kota Bogor sendiri telah memiliki sekitar 65.000 merchant QRIS atau keempat terbanyak di Jawa Barat. Launching 2.020 QRIS UMKM ini, merupakan komitmen Pemerintah Kota Bogor untuk mengelektronifikasikan transaksi baik di lingkungan pemerintahan maupun akses layanan publik kepada masyarakat.

Sebelumnya, Kota Bogor telah menerapkan elektronifikasi layanan transaksi pajak dan retribusi serta menjadi wilayah pertama yang mengimplementasikan QRIS sebagai metode alternatif pembayaran PBB di wilayah Jawa Barat.

Selain itu, implementasi QRIS di sentra kuliner legendaris Teras Surya Kencana pada awal September lalu merupakan bukti nyata bahwa pemerintah Kota Bogor sangat serius dalam upaya digitalisasi guna mendukung recovery dan rebound perekonomian Kota Bogor
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9199 seconds (0.1#10.140)