82 Seniman dan RK Ikuti Pameran Lukisan Virtual Peduli COVID-19

Minggu, 13 September 2020 - 13:50 WIB
loading...
82 Seniman dan RK Ikuti Pameran Lukisan Virtual Peduli COVID-19
ale Seni Barli di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, menggelar pameran lukisan virtual hingga 9 Oktober 2020 mendatang yang diikuti oleh 82 seniman termasuk Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/Dok.Bale Seni Barli
A A A
BANDUNG BARAT - Pameran lukisan bertema “Imaji: Empati dari Ruang Isolasi” digelar di Bale Seni Barli, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dari Rabu 9 September sampai 9 Oktober 2020.

Kegiatan yang diikuti oleh seniman dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, Garut, Tasik, dan Yogyakarta, yang tergabung dalam perupa Komunitas Anugerah Barli, para perupa tamu, dan undangan, digelar secara daring. Ini dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang belum usai.

Panitia kegiatan Evi Gunawan mengatakan, pada pameran ini tidak hanya menampilkan lukisan dan gambar hasil karya para pelaku seni. Tapi juga turut dihadirkan seni video art dan karya seni instalasi. Termasuk memutar video proses kreasi masing-masing peserta saat terkekang di rumah akibat pandemi.

“Melalui pameran seni bertema “Imaji : Empati dari Ruang Isolasi” ini, kami ingin menggugah khalayak dan siapapun itu untuk berempati kepada mereka yang terdampak COVID-19," ucapnya, Minggu (13/9/2020).

Pandemi yang sudah berjalan hampir setahun dan telah merenggut jutaan orang di seluruh dunia, harus menjadi renungan semua pihak. Melalui pameran ini pihaknya berhasil mengumpulkan bantuan yang rencananya akan disalurkan ke siswa kurang mampu. Khususnya yang tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh akibat keterbatasan sarana dan prasarana.

"Nantinya, 20% dari hasil karya yang terjual bakal didonasikan buat mereka," sambungnya. (Baca juga: Usai Bertengkar, Pria di Banjar Nekat Bakar Rumah Pacar )

Menurutnya, peserta yang terlibat pada kegiatan ini ada 83 orang, termasuk salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). Pelukis lainnya seperti hasil karya dari Barli Sasmitawinata (Alm), Nakis Barli (Alm), Chusin Setiadikara, Basuki Bawono, Diyanto, Rosid, Rendra Santana, Tiarma Sirait, dll.

Pembukaan pameran telah dilakukan Rabu (9/9/2020) lalu secara daring. Hingga 9 Oktober 2020 pameran seni rupa dan keprihatinan ini bisa disaksikan secara virtual di Facebook Bale Seni Barli, Instagram @balesenibarli, dan Bale Seni Barli Youtube Channel.

“Mau dari rumah, atau dari mana saja, nilai seni selalu berdaya untuk menghidupkan simpati dan kesadaran berbagi dalam hidup,” timpal kurator Rizki A. Zaelani yang juga menjadi pembicara dalam pembukaan pameran.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)