Percikan Api Pengelasan Akibatkan Kerugian Rp1 Triliun

Sabtu, 12 September 2020 - 16:20 WIB
loading...
Percikan Api Pengelasan Akibatkan Kerugian Rp1 Triliun
Kebakaran hebat pabrik suku cadang motor di Lamongan Jawa Timur, diduga terjadi akibat percikan api pengelasan yang menyambar tiner. Foto/iNews TV/Abdul Wakhid
A A A
LAMONGAN - Kebakaran hebat yang melanda pabrik suku cadang motor di Lamongan , Jawa Timur, diduga terjadi akibat percikan api pengelasan yang menyambar tiner. Api bisa dijinakkan setelah 12 unit mobil pemadam kebakaran dan water canon Polres Lamongan , diterjunkan ke lokasi kejadian.

Alat produksi dan bahan-bahan baku di dalam pabrik ludes terbakar. Kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran hebat ini, ditaksir mencapai ratusan milyar rupiah hingga Rp1 trilun. (Baca juga: Pabrik Suku Cadang di Lamongan Terbakar Hebat, Para Buruh Panik )

Setelah berjibaku selama lebih dari lima jam, regu pemadam kebakaran akhirnya bisa menjinakkan api yang berkobar sejak pukul 10.15 WIB itu. Menurut keterangan karyawan pabrik, ada pekerja yang sedang melakukan pengelasan di dalam pabrik.

Diduga percikan api dari pengelasan ini yang kemudian menyambar tiner dan bahan baku suku cadang motor yang mudah terbakar. Cuaca panas dan kencangnya angin membuat api semakin membesar dan sulit dipadamkan. Para buruh pabrik yang sedang bekerja pun berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Akibat ludesnya alat produksi dan bahan baku produksi yang berada di dalam pabrik, kerugian yang diderita PT. Wira Inti Nurmala yang berada di Desa Rejosari, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan , mencapai Rp1 triliun. (Baca juga: Kebakaran Hebat Lumat Uang, Kambing, dan Rumah Warga di Rembang )

Menurut Wakapolres Lamongan , Kompol Dies Ferra Ningtias dugaan sementara api berasal dari kegiatan pengelasan yang ada di dalam pabrik. "Menurut keterangan karyawan tadi ada kegiatan pengelasan dan di sekitarnya ada tiner. Kerugianya diperkirakan mencapai Rp1 triliun," tuturnya.

Hingga kini 12 unit mobil pemadam kebakaran dari Lamongan , dan Bojonegoro, serta water canon polisi, masih berusaha untuk melakukan pemadaman sisa-sisa api. Untuk mengetahui pasti penyebab kebakaran, Polres Lamongan telah menerjunkan tim untuk menyelidiki peristiwa kebakaran ini.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2323 seconds (0.1#10.140)