Viral Klaster COVID-19 Rumah Makan, Begini Penjelasan Dinkes

Jum'at, 11 September 2020 - 20:49 WIB
loading...
Viral Klaster COVID-19 Rumah Makan, Begini Penjelasan Dinkes
Viral sebuah rumah makan menjadi klaster baru penyebaran COVID-19 di Krobokan Kota Semarang Jawa Tengah. FOTO : IST
A A A
SEMARANG - Viral sebuah rumah makan menjadi klaster baru penyebaran COVID-19 di Krobokan Kota Semarang Jawa Tengah. Informasi itu tak hanya menyebutkan nama rumah makan, tetapi juga daftar nama orang yang terpapar virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr Hakam, membenarkan terdapat rumah makan di Krobokan yang menjadi klaster COVID-19. Meski demikian, pihaknya tidak mengetahui terkait nama rumah makan dan daftar nama orang positif yang tersebar dalam WAG beberapa hari terakhir ini.

“Memang benar ada klaster rumah makan di daerah Kroboan. Sampai saat ini masih dalam penanganan dan penelusuran,” kata Hakam, Jumat (11/9/2020).(Baca juga : Pegiat Medsos: Saat Ini Konten Media Sosial Hanya Mengejar Viral dan Instan )

Dia memastikan, nama pasien COVID-19 bukan untuk khalayak umum dan menjadi rahasia petugas medis. Oleh karenanya, beredarnya informasi tersebut bukan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang.

“Semua nama pasien confirm COVID-19 kita rahasiakan kecuali untuk kepentingan penanganan medis. Dan itu ada kode etiknya bahwa nama pasien dilindungi, kan ya gak mungkin kita sebar-sebar. Termasuk nama rumah makannya. Jika sampai tersebar, berarti ada oknum yang kurang bertanggung jawab, dan saya pastikan itu bukan dari orang Dinkes,” tandas dia.

“Saya tegaskan bahwa informasi tempat makan beserta nama-nama yang tersebar di WAG seperti sekarang ini bukan resmi dari Dinkes,” jelasnya.(Baca juga : Kasus COVID-19 Tembus 200 Ribu, Ganjar Minta Even Kumpulkan Orang Dibatasi )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4448 seconds (0.1#10.140)