Menteri Basuki: Tol Membuat BIJB Kertajati Lebih Kompetitif

Senin, 07 September 2020 - 13:14 WIB
loading...
Menteri Basuki: Tol Membuat BIJB Kertajati Lebih Kompetitif
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (baju putih rompi kuning) saat menghadiri ground breaking tol akses BIJB. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai, pembangunan akses tol Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat , menjadi modal besar bagi bandara itu untuk lebih bersaing atau kompetitif dengan Bandara Soekarno-Hatta (Soeta) Cengkareng, Baten.

Pasalnya, keberadaan bandara itu akan lebih mempermudah akses masyarakat menuju bandara dari pusat kota di Jawa Barat. (BACA JUGA: Tahun Depan Tol Cipali Akan Terkoneksi ke Bandara Kertajati )

"Kalau 12 bulan ini (tol akses BIJB) selesai, (lalu Tol) Cisumdawu selesai, (akan) lebih terkoneksi dengan Bandung. Ini akan jadi daerah yang lebih berkembang. (BIJB) Kertajati pasti lebih kompetitif dengan (Bandara) Soekarno-Hatta untuk masyarakat Jawa Barat," kata Basuki saat menghadiri ground breaking akses BIJB di Kertajati, Senin (7/9/2020). (BACA JUGA: Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Naik, Ridwan Kamil Protes )

Kemudahan akses menuju BIJB akan semakin dibutuhkan, ujar Basuki, ketika Bandara Husein Sastranegara Bandung nanti ditutup. Atas pertimbangan itu, pembangunan tol akses BIJB yang terhubung dengan Tol Cipali dan Cisumdawu itu dinilai merupakan langkah tepat. (BACA JUGA: Pengusaha Wisata Bandung Tolak Rencana Bandara Husein Jadi Domestik )

"Husein sudah ditutup, pasti ini (BIJB) akan berkembang. Akses ini (tol) pasti akan dibutuhkan. Terima kasih kepada grup Astra karena ini memberikan semangatnya kita berinvestasi, sekaligus membuka lowongan kerja," ujar Menteri PUPR.

Basuki menuturkan, peletakan batu pertama untuk tol akses BIJB juga sebagai salah satu bukti masih menggeliatanya pembangunan di Tanah Air, di tengah pandemi COVID 19. Tahun depan, Tol Jogyakarta-Solo akan mulai dikerjakan.

"Ini semua menunjukan investasi kita masih bisa berjalan dalam kondisi sekarang ini. Tahun depan insyaallah Tol Jogja-Solo mulai," pungkas dia.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)