Gubernur Jateng Tegaskan Tak Ada Penetapan KLB Corona di Jateng

Kamis, 19 Maret 2020 - 20:19 WIB
Gubernur Jateng Tegaskan Tak Ada Penetapan KLB Corona di Jateng
Gubernur Jateng Tegaskan Tak Ada Penetapan KLB Corona di Jateng
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan tak perlu menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) corona di Jateng. Sebab, tindakan paling penting berupa penelusuran dan penanganan yang terbaik bagi pasien diduga tepapar Covid-19.

“Sebenarnya tindakan yang paling penting adalah menelusuri perjalanan mereka dan kemudian kita punya peta mereka, bertemu siapa saja,” kata Ganjar kepada awak media, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, setelah mengetahui riwayat perjalanan pasien maka bisa ditentukan langkah-langkah penanganan. Termasuk jika harus melakukan karantina pada orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien.

“Sehingga kita bisa mengerti apa tindakannya. Itu jauh lebih penting sehingga ketika kita bisa melakukan itu (tindakan) dan melokalisasi. Maka itu jauh lebih cepet, apapun istilahnya,” terangnya.

Dia juga menyampaikan merebaknya kasus corona telah menjadi pandemi karena menginfeksi secara global. Selain itu, Pemerintah Pusat juga telah menyatakan status darurat corona atau Covid-19 hingga 29 Mei 2020.

“Karena sebernarnya, tingkatnya kan dunia sudah pandemi, nasional sudah darurat. Jadi sebenarnya kita tinggal menyampaikan itu. Kalau nasionalnya sudah darurat sebenarnya sudah seluruh Indonesia, tinggal kita beraksi untuk merespons,”tandasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1916 seconds (0.1#10.140)