Empon-empon Ternyata Berpotensi Cegah Virus Corona

Senin, 02 Maret 2020 - 19:03 WIB
Empon-empon Ternyata Berpotensi Cegah Virus Corona
Empon-empon Ternyata Berpotensi Cegah Virus Corona
A A A
SURABAYA - Guru Besar Universitas Airlangga Prof Mangestuti Agil yang fokus terhadap kajian obat-obatan tradisional menuturkan, satu hal penting untuk menguatkan imunitas atau kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah tradisional atau yang bisa disebut empon-empon.

Karena sebaran virus Corona sudah masuk ke Indonesia, maka tak ada salahnya masyarakat kembali mengkonsumsi empon-empon. Sebab sistem ketahanan dan kekebalan tubuh menjadi kunci utama bagi manusia untuk menangkal berbagai virus. (Baca juga: Konsumsi Kurkuma, Langkah Awal Mencegah Virus Corona)

"Kunyit misalnya. Rempah yang satu ini memiliki antioksidan yang sangat baik untuk menguatkan kekebalan tubuh," kata Mangestuti, Senin (2/3/2020).

Dia melanjutkan, ada juga jahe yang memiliki khasiat tinggi. Jika tidak ada waktu membuat minuman dari kunyit, maka bisa membuat minuman dari jahe. Ada juga minuman herbal pokak yang memiliki kegunaan untuk menguatkan kekebalan tubuh.

"Sudah sedari dulu empon-empon menjadi bagian dari Indonesia. Masalahnya belum banyak masyarakat kita yang menaruh perhatian. Meski di era sekarang semua kasiat sudah teruji, diperlukan perhatian kita untuk kembali mengoptimalkan rempah-rempah yang ada di sekitar kita," jelasnya.

Dengan adanya virus Corona yang masuk ke Indonesia, pihaknya ingin kembali renungkan cara hidup sehat yang sudah diwariskan oleh pendahulu. Bahan alam itu akan selalu lebih cepat diterima dan menyatu dengan tubuh. "Ini sudah menjadi hukum alam. Asalkan semua dikonsumi dengan teratur dan rutin. Minimal tiga kali dalam seminggu," ucapnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8813 seconds (0.1#10.140)