Gubernur Sumsel Ingin Bangun Sarana dan Prasarana Olahraga Berkuda

Rabu, 02 September 2020 - 15:20 WIB
loading...
Gubernur Sumsel Ingin Bangun Sarana dan Prasarana Olahraga Berkuda
Audiensi Ketua Umum Pordasi Pusat dalam rangka rencana penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Pordasi Ke-54 Piala Presiden 2020 di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Selasa (1/9/2020).
A A A
PALEMBANG - Sumatera Selatan H Herman Deru yang juga Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sumsel berkeinginan meningkatkan animo masyarakat dalam olahraga berkuda. Oleh sebab itu, HD akan segera merealisasikan venue berkuda bertaraf International di Jakabaring Sport City (JSC), dimana pada venue tersebut selain menghadirkan prestasi juga rekreasi bagi masyararakat Sumsel.

“Ini masyarakat Sumsel masih kurang minat berkuda, meningkatkan minat harus ada yang membuat mereka tertarik, mungkin sarana dan prasarana dengan perencanaan yang matang dan memadai. Olahraganya termasuk bukan olahraga yang mahal, kuda sudah dikenal sejak zaman leluhur kita. Secara bertahap ini akan segera dibangun,” ungkap HD.

Hal tersebut diungkapkannya saat menerima audiensi Ketua Umum Pordasi Pusat dalam rangka rencana penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Pordasi Ke-54 Piala Presiden 2020 di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Selasa (1/9/2020).

HD menegaskan, untuk membangun venue tersebut tidak boleh emosional, sehingga dahulukan fungsi baru aksesories. “Fungsi wajib, tahun depan action bersamaan dengan pengembangan minat, Saya intruksikan Dinas PU agar jangan salah memulai, yang dimulai adalah fungsi, aksesorie baru mengikuti. Tumbuhkan minat dengan kuda karena masyarakat cukup asing dengan kuda,” tambahnya.

Keinginan HD membangun venue berkuda di JSC mendapat apresiasi dan support penuh dari Ketua Umum Pordasi Pusat, Triwatty Marciano.Menurut Triwatty, rencana Gubernur Sumsel membangun sarana dan prasarana cabang olahraga berkuda, seiring dan seirama dengan tujuan pemerintah yang menekankan olahraga pada tiga hal antara lain sport tourism, sport sains dan sport industri.

“Saya mendapatkan kabar bahwa Bapak Gubernur sangat tertarik sekali dengan kegiatan-kegiatan Pordasi, mangkannya saya hadir beraudiensi dengan beliau. Saya sangat mengapresiasi sekali beliau itu salah satu gubernur yang sangat peduli dengan olahraga berkuda karena beliau mengatakan bahwa berkuda identik sunah rosul, juga bisa membawa merah putih di dunia international,” ungkapnya.

Melalui sarana dan prasarana yang ada nanti, lebih jauh Triwatty mengungkapkan venue tersebut menjadi pendukung pada penyelenggaraan Olimpiade 2032 mendatang. “Walaupun masih jauh tahun 2032 kita kan sedang building untuk Olimpiade. Nah di Pordasi ini ada komisi cabor yang prestasi yaitu equestrian, mudah-mudahan dengan sarana dan prasarana yang akan disiarkan oleh Pemprov sumsel akan bisa membantu membuat perencanaan yang untuk jangka panjang,” tambahnya.

“Mudah-mudahan bisa menjadi pilot project atau role model sarana dan prasarana khususnya di Pulau Sumatera dan sekitarnya. Ini juga bersamaan dengan akan diadakanya pacuan piala bergilir presiden seri 1 dan 2 di DIY, semoga juga pada satu hari Piala Presiden bisa juga dilaksanakan di Arena Pacu di Jakabaring,” pungkasnya.

Turut hadir Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Akhmad Najib, Ka. Dinas Pemuda dan Olahraga, Akhmad Yusuf, Karo Umum dan Perlengkapan, Muhammad Zaki Aslam.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)