Gempa 5 SR Jayapura Kagetkan Warga Keerom Papua

Selasa, 04 Februari 2020 - 19:29 WIB
Gempa 5 SR Jayapura Kagetkan Warga Keerom Papua
Gempa 5 SR Jayapura Kagetkan Warga Keerom Papua
A A A
JAYAPURA - Gempa berkekuatan 5 skala richter (SR) yang mengguncang Jayapura juga dirasakan hingga di Kabupaten Keerom, Papua , Selasa (4/2/2020) pada pukul 19.40.58 WIT.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pada koordinat 2.81 Lintas Selatan (LS), 140.84 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di darat, yakni 17 km tenggara Kota Jayapura, Papua. Sedangkan kedalaman gempa 17 Km yang dirasakan (MMI) III-IV Kota Jayapura, III Kabupaten Jayapura. (Baca juga: Gempa 5 Skala Richter Berpusat di Darat Guncang Jayapura Papua)

Dari data lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Gempa ini sempat membuat warga sejumlah warga Kabupaten Keerom panik. Eko, warga Arso 12, Keerom mengaku sempat lari keluar rumah saat terjadi gempa. "Karena kencang pak, saya dan anak istri langsung keluar rumah," katanya. (Baca juga: Sepanjang Januari 2020, BMKG Mencatat Terjadi 518 Kali Gempa)

Dia menambahkan, tidak ada kerusakan akibat gempa tersebut di rumahnya. Meski guncangan cukup kuat, namun gempa tidak berlangsung. "Aman semua barang-barang. Tadi syukurnya hanya sebentar, kalau lama mungkin bisa lain ceritanya,"ucapnya.

BMKG menyatakan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Warga diimbau tetap tenang dan menunggu update informasi resmi dari BMKG.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4204 seconds (0.1#10.140)