3 Kecamatan di Kota Lahat Diterjang Banjir Bandang

Kamis, 09 Januari 2020 - 13:03 WIB
3 Kecamatan di Kota Lahat Diterjang Banjir Bandang
3 Kecamatan di Kota Lahat Diterjang Banjir Bandang
A A A
LAHAT - Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan Kota Lahat dan Kabupaten Pagar Alam diterjang banjir bandang dan longsor, Kamis (9/1/2020). Banjir bandang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, Marjono mengatakan, banjir dan longsor mengakibatkan akses penghubung Kabupaten Lahat dan Pagaralam di Kecamatan Pulau Pinang terputus.

“Longsor terjadi di Jalan Parekul Desa Pulau Pinang yang merupakan jalan provinsi. Akibat longsor itu juga menimbun satu unit mobil pickup BG 9648 W yang dikemudikan Stefanus (62),” kata Marjono.

Banjir juga melanda Desa Tanjung Sirih dan Lubuk Sepang di Kecamatan Pulau Pinang. Kemudian Desa Sukarame dan Ngulam Baru di Kecamatan Gumay Talang. Begitu juga Desa Gunung Kembang di Kecamatan Merapi Timur kebanjiran.

Banjir mengakibatkan Jalan Nasional penghubung Kabupaten Lahat dan Kabupaten Tebing Tinggi di Kikim Timur terputus. Banjir terjadi akibat luapan air Sungai Lematang dan Sungai Kikim.

"Intensitas hujan dari semalam hingga pagi ini membuat beberapa desa mengalami kebanjiran dan terjadi longsor di Jalan Provinsi. Namun hingga saat ini belum ada laporan terkait kerusakan dan korban jiwa,” tambah Marjono.

Marjono mengatakan, saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), SAR, Polri, TNI, dan Pemkab Lahat, sudah bergerak menuju lokasi bencana. Pihaknya tengah mengecek kondisi warga terdampak banjir dan longsor.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7391 seconds (0.1#10.140)