Star Wars Hiasi Pos Pelayanan Operasi Lilin Mahakam

Kamis, 26 Desember 2019 - 16:25 WIB
Star Wars Hiasi Pos Pelayanan Operasi Lilin Mahakam
Star Wars Hiasi Pos Pelayanan Operasi Lilin Mahakam
A A A
SAMARINDA - Cara unik dilakukan oleh Satlantas Polres Kutai Kartanegara agar Pos Pelayanan Operasi Lilin Mahakam 2019 menarik pengguna jalan.

Lokasinya berada di KM 54 jalan poros Samarinda-Balikpapan, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur . Tak sekedar sebagai tempat istirahat atau akses informasi lalu lintas, Pos Pelayanan ini juga jadi tempat bermain. (Baca juga: Klimaks Star Wars: The Rise of Skywalker Mirip Avengers: Endgame)
Star Wars Hiasi Pos Pelayanan Operasi Lilin Mahakam

Uniknya lagi, tampilan luar maupun dalam mengusung tema 'Star Wars: The Rise Of Skywalker'. Tak hanya itu, teknologi yang disajikan pun seolah membuat pengunjung menjadi sangat terhibur.

"Dari tampilan luar saja sudah menarik. Jadi keinginan singgah sangat kuat," kata Nana Yulianawati (24) yang sengaja beristirahat di posko, Kamis (26/12/2019). (Baca juga: Bangunan Pos Lantas Padangsidimpuan 'Disolek' Lebih Humanis)

Nana menambahkan, tampilan luar serasa masuk ke pesawat ruang angkasa. Sehingga mengundang rasa penasaran untuk masuk.

Dari jauh, nuansa seri terakhir Skywalker Saga dari sekuel Star Wars sudah cukup kuat. Atribut, tulisan, hingga logo Star Wars sudah mendukung suasana ruang angkasa.

"Serasa menjadi Kylo Ren yang akan berangkat ke Planet Exegol. Menjelajahi ruang angkasa hingga kemudian menemukan Palpatine," kata Nana sambil tertawa.

Begitu masuk Pos Pelayanan, nuansa digital sudah sangat terasa. Di sebelah kanan pintu masuk, tempat di mana petugas jaga berada, tersedia buku tamu digital. Pengunjung cukup menyentuh tombol di layar yang disediakan sekaligus memberikan penilaian terhadap pos ini.

Di ruang utama tersedia kursi, sofa, lengkap dengan makanan ringan dan minuman. Juga ada petugas medis yang siaga 24 jam.

Di ruang lainnya, tersedia permainan menggunakan teknologi Virtual Reality (VR). Bedanya, permainan yang disediakan VR berisi edukasi lalu lintas. Teknologi ini bisa membuat pengunjung bermain sekaligus belajar.

Kasat Lantas Polres Kukar AKP Wisnu Dian Ristanto menjelaskan, jalan poros Samarinda-Balikpapan di kawasan Bukit Soeharto adalah kawasan rawan kecelakaan lalu lintas. Angka korban laka lantas kebanyakan dari kalangan milenial dan pengendara roda dua.

"Kenapa kita taruh pos pelayanan ala Star Wars ini di sini, karena kawasan ini kawasan rawan kecelakaan lalu lintas. Kita pilih tempat ini, selain karena kepadatan lalu lintasnya, juga karena strategis sebagai tempat beristirahat pengguna jalan," kata Wisnu.

Dia menambahkan, tema Star Wars dipilih karena film itu sedang jadi film box office hampir di seluruh dunia. Demam film soal petualangan antariksa itu sedang melanda pecinta film yang kebanyakan anak muda milenial.

"Kita ambil momentum itu untuk mengedukasi dan menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain pos pelayanan jadi tempat pengguna jalan mengakses informasi soal lalu lintas, juga jadi tempat istirahat, hiburan, dan mengedukasi," tambahnya.

Pos Pelayanan Operasi Lilin Mahakam 2019 ini akan berakhir 1 Januari 2020. Jadi jangan sampai tidak singgah ke pos lalu lintas yang sangat edukatif ini.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4697 seconds (0.1#10.140)