15 Tahun Tsunami Aceh, Warga Ziarah ke Kuburan Massal di Ulee Lheue

Kamis, 26 Desember 2019 - 13:50 WIB
15 Tahun Tsunami Aceh, Warga Ziarah ke Kuburan Massal di Ulee Lheue
15 Tahun Tsunami Aceh, Warga Ziarah ke Kuburan Massal di Ulee Lheue
A A A
BANDA ACEH - Masyarakat Banda Aceh memperingati 15 tahun tragedi tsunami dengan berziarah ke kuburan massal di Ulee Lheue, Meuraksa, Kamis (26/12/2019).

Pemakaman massal ini sejak pagi sudah dipenuhi warga yang ingin mendoakan sanak saudaranya yang menjadi korban bencana itu. (Baca juga: Warga dan Wartawan Peringati 14 Tahun Tsunami Aceh)

Dengan bersimpuh, warga tampak khusyuk membaca Surat Yasin dan bermunajat hingga meneteskan air mata, mengingat keluarga tercinta yang menjadi korban tsunami 15 tahun lalu.

Meski mereka tidak mengetahui di mana titik persis kuburan keluarganya, mereka meyakini jasad keluarga yang meninggal saat tsunami lalu dikuburkan di lokasi itu.

Seperti dikisahkan Maimunah Harahap yang datang dari Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut). Dia meyakini suami dan dua anaknya dimakamkan di di Ulee Lheue.

Air matanya menetes saat mengingat tsunami yang merenggut keluarganya. Dia kembali mengenang saat-saat terakhir bersama mereka semasa hidup hingga akhirnya harus dipisahkan oleh maut.

"Yang meninggal suami dan dua anak saya. Suami saya bekerja sebagai PNS di Sabang. Trus dia ke Banda Aceh mau ke Pematangsiantar menjemput anak saya ke Pematangsiantar yang sedang liburan. Waktu lagi menunggu kapal di pelabuhan, tiba-tiba ada kejadian itu (tsunami),” kata Maimunah.

Kisah yang sama diungkapkan Linda yang datang bersama anaknya. Saat musibah tsunami terjadi, seluruh keluarga besarnya hilang. Hingga saat ini, dia belum juga menemukan di mana jasad ibu, ayah, dan anak-anaknya.

"Selain ke sini, kami juga sering ke kuburan massal lain, dulu ke Lhoknga, Lambaro. Tapi sekarang karena sudah jauh, kami ambil wilayah terdekat aja. Waktu tsunami, ayah, mama, anak satu, abang, adik laki-laki, mertua, kakak ipar, semua habis, yang sisa cuma kami," ungkapnya.

Ulee lheue menjadi salah satu tempat kuburan massal yang kerap diziarahi warga Banda Aceh saat memperingati tsunami. Banyak warga di wilayah Banda Aceh meyakini ada jenazah anggota keluarganya yang terkubur di sana.

Kuburan massal Ulee Lheue, Banda Aceh, terletak di Gampong Blang Oi, Kecamatan Meuraksa. Lokasi kuburan ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari titik nol tsunami. Di sini, ada sekitar 14.264 jasad dimakamkan.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2175 seconds (0.1#10.140)