Pemkab Tabanan Raih Penghargaan Trisakti Tourism Award

Senin, 23 Desember 2019 - 19:12 WIB
Pemkab Tabanan Raih Penghargaan Trisakti Tourism Award
Pemkab Tabanan Raih Penghargaan Trisakti Tourism Award
A A A
TABANAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan Bali kembali meraih penghargaan. Kali ini Tabanan mendapatkan apresiasi tingkat nasional dalam mengembangkan pariwisata berbasis budaya.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti langsung menerima penghargaan Trisakti Tourism Award di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Minggu (22/12/2019). Bupati Eka mengatakan daerahnya telah dianugrahi warisan wisata budaya yang dikenal oleh dunia seperti Jatiluwih, Tanah Lot dan Ulun Danu Beratan.

"Untuk warisan budaya yang diangkat memang Jatiluwih, karena Jatiluwih merupakan world heritage yang ada di Bali khususnya di Tabanan. Menjaga world heritage itu tidaklah mudah, bagaimana kita bisa menyeimbangkan yang namanya budaya dengan masyarakat sekitarnya termasuk kesejahteraan ekonominyam," kata Ni Putu Eka Wiryastuti dalam siaran persnya.

Dalam mengembangkan sektor pariwisata , Bupati Eka terus melakukan berbagai macam inovasi. Di antaranya penyelenggaraan festival rutin tahunan, pembinaan terhadap masyarakat sampai promosi ke tingkat nasional dan Internasional.

"Dengan adanya berbagai macam festival ini, kita bisa terus melestarikan kebudayaan dan mendorong ekonomi masyarakat sehingga konsep trisakti yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang budaya dapat tercapai," tandas Ni Putu Eka Wiryastuti.

Kabupaten Tabanan berhasil meraih juara satu kategori wisata warisan budaya dan mengalahkan nominator lainnya yaitu Kabupaten Sumba Barat urutan kedua dan Kabupaten Payakumbuh di posisi ketiga. Selain kategori wisata budaya, ada empat kategori lainnya seperti wisata alam, bahari, petualangan dan kuliner.

Seperti yang telah diungkapkan oleh Ketua Yayasan Kusuma Pertiwi, Wiryanti Sukamdani selaku ketua penyelenggara Trisakti Tourism Award bahwa ajang itu diikuti oleh 60 peserta. Kemudian terpilih 40 nominator dan ditetapkan 15 pemenang yang melibatkan dewan juri yang kompeten dan profesional seperti Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2011-2014 Sapta Nirwandar. Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa boga Indonesia (APJI) Rahayu Setiowati, Pakar Etika dan Budaya Ayu Dyah Pasha, CEO Panorma Group Budi Tritawisata dan CEO Markplus Hermawan Kartajaya.
Pemkab Tabanan Raih Penghargaan Trisakti Tourism Award

Acara ini juga dihadiri Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnu Tama, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6073 seconds (0.1#10.140)