Kisah Lembah Tidar, Pakunya Tanah Jawa yang Jadi Lokasi Penggemblengan Kabinet Prabowo-Gibran

Kamis, 24 Oktober 2024 - 07:57 WIB
loading...
Kisah Lembah Tidar,...
Gunung Tidar di Magelang dilihat dari atas. Lembah Gunung Tidar menjadi lokasi penggemblengan Kabinet Prabowo-Gibran pada 25-27 Oktober 2024. Foto/IG @gunung_tidar
A A A
LEMBAH Tidar di kaki Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah bakal menjadi lokasi penggemblengan anggota Kabinet Presiden Prabowo Subianto-Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka (Kabinet Prabowo-Gibran). Penggemblengan berlangsung pada 25-27 Oktober 2024. Seperti apa Lembah Tidar?

Kisah Lembah Tidar, Pakunya Tanah Jawa yang Jadi Lokasi Penggemblengan Kabinet Prabowo-Gibran

Foto/Ist

Diketahui, Presiden Prabowo Subianto akan mengumpulkan para menteri Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang untuk menyamakan visi dan misinya kepada para menteri kabinet.



Lembah Tidar selama ini menjadi lokasi penggemblengan taruna Akmil calon-calon perwira TNI Angkatan Darat yang tangguh dan berdedikasi tinggi.

Lokasinya berada di lembah kawasan Kebun Raya Gunung Tidar, Magelang. Nama Tidar berasal dari dua suku kata, yakni Mukti (bahagia, sukses dalam hidup) dan Kadadar (pendidikan, ditempa dan diiuji).



Awal mulanya, dimulai pada 11 November 1957 ketika Akademi Militer Nasional (AMN) yang sekarang berubah menjadi Akademi Militer (Akmil) dibentuk dan menetapkan Magelang sebagai pusat pelatihan calon perwira pejuang Sapta Marga.

Sejak saat itu, Lembah Tidar menjadi kawah Candradimuka pendidikan dan pelatihan taruna Akmil. Lembah Tidar dipilih karena medan yang menantang serta lingkungan alaminya. Sehingga mendukung pembentukan mental baja dan fisik kuat taruna militer.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)