Keturunan Prabu Hayam Wuruk usai Nikahi Gadis Cantik Wilayah Bawahan Majapahit

Selasa, 22 Oktober 2024 - 09:07 WIB
loading...
Keturunan Prabu Hayam...
Prabu Hayam Wuruk membawa Kerajaan Majapahit ke masa kejayaan. Foto/Ilustrasi
A A A
HAYAM Wuruk membawa Kerajaan Majapahit ke masa kejayaan. Di masa Hayam Wuruk pulalah, misi penyatuan Nusantara dipimpin Mahapatih Gajah Mada dilangsungkan oleh Majapahit dengan sumpah Palapa.

Tapi hubungan antara Hayam Wuruk dan Gajah Mada itu akhirnya berakhir berkat Perang Bubat. Peperangan terjadi antara pasukan Majapahit di bawah Gajah Mada dengan pasukan Sunda yang membuat Hayam Wuruk tak jadi menikah.

Putri cantik Raja Sunda bernama Dyah Pitaloka Citraresmi itu meninggal, usai ikut bunuh diri mendengar ayahnya dan rombongan Sunda tewas terbunuh. Alhasil Hayam Wuruk yang naik tahta sebagai raja berstatus jomblo alias lajang, masih harus mencari permaisuri lagi.



Dikisahkan oleh sejarawan Prof. Slamet Muljana, pada bukunya “Pemugaran Persada Sejarah Leluhur Majapahit”, menyatakan, bahwa Sri Rajasanagara sebutan Hayam Wuruk akhirnya mengakhiri masa lajangnya dengan Paduka Sori.

Dialah perempuan cantik perempuan keturunan Sri Wijayarajasa dari Wengker, yang merupakan wilayah kekuasaan Majapahit sendiri. Pada Kakawin Nagarakretagama dikatakan bahwa permaisuri Sri Rajasanagara bernama Susumnadewi, atau Sri Sudewi.

Jadi Sri Sudewi dalam Nagarakretagama sama dengan Paduka Sori dalam Pararaton.Dari perkawinan itu lahir Kusumawardhani, yang kemudian dinobatkan sebagai Bhatara di Lasem dengan paraban Bhre Lasem Sang Ahayu.

Kemudian dari selir Sri Rajasanagara mendapatkan seorang putra, yang dikenal sebagai Bhatara di Wirabhumi. Bhre Daha Dyah Wiyat Sri Rajadewi Maharajasa dalam perkawinannya dengan Sri Wijayarajasa dari Wengker mendapatkan seorang putri bernama Rajasaduhita Indudewi.



Selanjutnya, Rajasaduhita Indudewi yang dinobatkan sebagai Bhatara di Lasem, kawin dengan Rajasawardhana dari Matahun.Perkawinan itu tidak menghasilkan keturunan. Sepeningal Bhre Daha Dyah Wiyat Sri Rajadewi pada tahun 1371 Masehi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)