13 Kampus di Pulau Jawa hingga Bali Didorong Berpartisipasi dalam Program DEB

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 15:40 WIB
loading...
A A A
Memperkuat implementasi program DEB SoBI, para penerima beasiswa bersama mentornya juga melaksanakan focus group discussion (FGD) untuk mengevaluasi program yang sudah dijalankan. Dipandu oleh Wakil Ketua III STT Migas Balikpapan Karnila Willard mereka diminta untuk mengevaluasi program yang sudah dijalankan melalui analisis PESTEL (political, economic, social, technological, environmental, dan legal).

“Luaran dari FGD ini adalah DEB SoBI yang telah mereka implementasikan, semakin kuat dari aspek kelembagaan dan manajemen risikonya sehingga dampak positif, baik dari indikator energy, economy, environment, dan education, bisa optimal dan berkelanjutan,” jelas Karnilla.

Setelah pemaparan dan evaluasi, acara Cross Visit dilanjutkan dengan mengunjungi program DEB SoBI ITK dan DEB Wasteco. Tak ketinggalan, mereka juga melakukan aksi penghijauan di Hendrawisata Pesona Mangrove dan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapat dari kegiatan cross visit ini. Kami mempelajari bagaimana ekosistem ramah lingkungan terbentuk, seperti pembangkit listrik tenaga surya untuk penyiraman sprinkle water, memompa air dari sungai, dan budidaya ikan sistem bioflok. Selain itu, kami juga mempelajari pengelolaan biogas dari kotoran sapi dan sampah untuk pengganti gas memasak keluarga dan UMKM setempat. Kami juga diajarkan caranya mengolah limbah makanan menjadi pakan ikan,” ujar salah satu penerima beasiswa, Wahyu Hidayat, mahasiswa Universitas Pertamina prodi Ekonomi.

DEB SoBI merupakan green initiative yang mendukung program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan unggulan Pertamina, Desa Energi Berdikari (DEB). Inisiatif ini wajib dilaksanakan oleh para penerima Beasiswa SoBI. Pertamina Foundation sebagai pelaksana program Beasiswa SoBI memastikan poin-poin dalam program DEB SoBI dapat terpenuhi, antara lain kebermanfaatan EBT untuk perekonomian masyarakat, keandalan, dan keterjangkauan energi, kelembagaan dan keterikatan desa.



Program DEB SoBI sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) #4, #7, dan #8, serta target Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) atau bebas emisi pada tahun 2060 atau lebih cepat.
(kri)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)