Profil Petrus Patrige Rudolf Renwarin, Kapolda Papua yang Punya Banyak Pengalaman di Bumi Cenderawasih

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 12:47 WIB
loading...
Profil Petrus Patrige...
Irjen Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin merupakan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua yang punya banyak pengalaman di wilayah hukum Bumi Cenderawasih. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
IRJEN Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin merupakan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua yang punya banyak pengalaman di wilayah hukum Bumi Cenderawasih.

Petrus Patrige Rudolf Renwarin menggantikan Komjen Pol (Purn) Mathius Derek Fakhiri yang kala itu diangkat menjadi Analis Kebijakan Utara Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri pada 28 Agustus 2024.



Petrus Patrige sendiri dikenal sebagai salah satu Perwira Tinggi (Pati) Polri yang punya banyak pengalaman di Papua.

Sebelum jadi Kapolda Papua, dia sempat menjabat sebagai Wakapolda Papua dan Papua Barat. Tak heran jika kini mendapat penugasan sebagai Kapolda Papua.

Profil Petrus Patrige Rudolf Renwarin:


Petrus Patrige Rudolf Renwarin lahir pada 7 Juli 1969, di Fakfak, Irian Barat. Kariernya di Polri dimulai setelah lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) 1991.



Sebagai lulusan Akpol 1991, berarti dia adalah rekan seangkatan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Semenjak awal karier hingga saat ini, Petrus telah banyak menghabiskan masa dinas di wilayah Papua.



Pada masa awal kariernya, Petrus tercatat pernah bertugas sebagai Wakapolres Batanghari, Kasat II Dit Reserse dan Kriminal Polda Papua, dan kemudian diangkat menjadi Kapolres Sarmi.

Pada tahun 2012, Petrus terkena mutasi yang membuatnya harus bertugas sebagai Kapolres Marauke. Setelah itu, ia kembali dipindah tugaskan menjadi Wakil Direktur Intelijen dan Keamanan Polda Papua di tahun 2014.

Selanjutnya, Petrus sempat diberi amanah untuk menjadi Kabid Humas Polda Papua di tahun 2015. Pada 2016, Petrus harus meninggalkan Papua demi menduduki jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri.

Dua tahun berselang, Pria asal Fakfak ini akhirnya kembali ke Papua untuk menjabat sebagai Direktur Intelijen dan Keamanan Polda Papua di tahun 2018.

Seiring berjalannya waktu, posisi yang ditempati Petrus kian strategis. Sebut saja seperti Irwasda Polda Papua, dan kemudian diangkat menjadi Wakapolda Papua Barat di tahun 2020.

Barulah pada 14 Oktober 2023, dirinya ditugaskan untuk mendampingi Mathius D. Fakhiri sebagai Wakil Kapolda Papua. Hingga pada tanggal 28 Agustus 2024, ia dipercaya dan diangkat untuk menjabat sebagai Kapolda Papua.

Jabatan Kapolda Papua ini lantas membuat pangkat Petrus Patrige Rudolf Renwarin yang sebelumnya Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi, naik menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi.

Itulah profil singkat dari Petrus Patrige Rudolf Renwarin yang kini menjabat sebagai Kapolda Papua. Pengalamannya di wilayah hukum Papua, membuat pria 55 tahun ini seakan sangat pantas untuk menduduki posisi Kapolda tersebut.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)